• Masyarakat Harapkan Efektivitas Kampung Bebas Narkoba Padang

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Masyarakat dari berbagai kalangan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengharapkan adanya efektivitas dari pencanangan dan realisasi program kampung bebas narkotika dan obat terlarang (narkoba) yang digalakkan pemerintah setempat.
    “Tidak hanya slogan belaka, namun realisasi dari kampung tersebut dalam mengurangi peredaran narkoba di kota,” kata salah satu dosen Universitas Andalas (Unand), Ade Djulardi, di Padang, Selasa.
    Menurutnya dengan adanya kampung itu seharusnya ada beberapa kepastian pada wilayah tersebut yakni nihil pecandu dan pengedar, serta antusiasme dan perhatian warga pada pemberantasan narkoba.
    Nihil pecandu dan pengedar artinya ada upaya warga memberantas dengan cepat peredaran narkoba di daerah tersebut bila terindikasi ada pelaku penyalahgunaan barang terbuka.
    Bukan hanya itu katanya, dalam kampung tersebut juga dilakukan rutinitas pembersihan dari unsur narkoba seperti dari makanan dan barang haram lainnya.
    “Pokoknya pada unsur narkoba semua warganya sepakat untuk memberantas tanpa ada kepentingan individu atau kelompok,” tambahnya.

         Untuk melaksanakan ini perlu perhatian lebih dan antusiasme tinggi dari warga setempat beserta perangkat pemerintahan.
    Tujuan akhirnya kata dia, menghilangkan pengaruh narkoba di wilayah tersebut.
    “Bila telah sukses pada daerah contohnya Nanggalo maka bisa dicobakan di kecamatan lain, dengan catatan tidak langsung bersamaan agar memudahkan pengawasan,” ujarnya.
    Warga lain yang merupakan tokoh masyarakat di Kuranji Padang, Hasan Basri menilai kampung bebas narkoba dan slogan program lain harus ada pemberitahuan jelas kepada warga yang bersangkutan.
    Sosialisasi ini kata dia, amat diperlukan agar warga mudah mengerti.
    Sebab selama ini banyak program pemerintah muncul tanpa sosialisasi yang jelas, sehingga pada pelaksanaannya tidak efektif.
    Menanggapi permintaan tersebut Kepala Badan Narkotika Kota Padang, Emzalmi mengatakan bahwa Kampung Bebas Narkoba berdiri akan melibatkan semua elemen yang ada pada daerah tersebut.
    Selain melibatkan elemen, berbagai strategi untuk perang terhadap narkoba juga terus digalakkan salah satunya penguatan kegiatan sosial dan olahraga seperti pertandingan sepak bola.
    Dia berharap hal ini bisa menghambat perkembangan narkoba di kota Padang.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com