• LPDP Beri Afirmasi Khusus Untuk Daerah 3T      

    0

    Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Direktur Dana Kegiatan Pendidikan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Abdul Kahar mengatakan pihaknya memberikan afirmasi khusus pemberian beasiswa untuk anak-anak yang berasal dari daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).
    “Kami memberikan kuota 30 persen untuk anak-anak daerah 3T. Untuk tahun ini,  kuotanya sekitar 1.500 beasiswa,”  ujar Abdul Kahar disela-sela pembekalan bagi penerima Beasiswa Untuk Dosen Indonesia (BUDI) Dalam Negeri di Yogyakarta, Jumat.
    Untuk tahun ini,  jumlah beasiswa bagi anak-anak daerah 3T yang diberikan baru 600 beasiswa.
    Kendala utama masih sedikitnya penerima beasiswa dari daerah 3T, lanjut dia,  adalah masalah penguasaan bahasa asing.
    Menurut Kahar,  anak-anak dari daerah 3T penguasaan bahasanya masih lemah.  Makanya tak heran,  sebanyak 70 persen faktor kunci kegagalan dikarenakan lemahnya penguasaan bahasa.
    “Khusus untuk anak-anak dari daerah 3T, kami dorong mau kemana.  Kalau mau kuliah di dalam negeri maka TOEFL harus 500, kalau luar negeri lebih tinggi lagi.  Kami akan memberikan mereka kursus bahasa hingga setahun,  sampai bisa memenuhi target.”
    Selain itu,  LPDP juga memberikan afirmasi khusus bagi penerima beasiswa Bidikmisi yang mendapatkan IPK diatas 3,5.
    “LPDP akan membantu memberikan arahan,”  lanjut dia.
    LPDP juga memberikan afirmasi khusus yang diperuntukkan bagi dosen dan guru.
    Berbeda dengan beasiswa yang berasal dari kementerian atau lembaga,  Kahar menjamin beasiswa yang diberikan tidak akan terlambat karena LPDP merupakan badan layanan umum.
    “Kalau kementerian,  uangnya ada di kas negara, makanya panjang rutenya.  Sedangkan, badan layanan umum uangnya ada di lembaga itu sendiri.  Sehingga dijamin tidak akan ada keterlambatan,”  jelas Kahar.
    Kahar mengharapkan dengan adanya pemberian beasiswa bagi para dosen melalui BUDI LN ini maka diharapkan bisa meningkatkan daya saing bangsa.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com