• Lintas Politika Minta Komisioner KPU Muba Dikembalikan

    0

    lintas-politikaPalembang, Jurnalsumatra.com- LSM Lintas Politika meminta KPU Sumsel segara melakukan supervisi ke KPU Muba menyusul keluarnya penetapan eksekusi PTUN Palembang tertanggal 8 Mei 2016 lalu.  Dimana, dalam penetapan yang memperkuat putusan Mahkamah Agung nomor Putusan 401/K/TUN/2015 tersebut, memutuskan pemberhentian anggota KPU Muba yang lama oleh DKPP dinyatakan dicabut berdasarkan putusan pengadilan.

    “Maka itu sudah saatnya,  anggota KPU Muba atas nama Rustam Effendi, dkk dikembalikan untuk memangku jabatan komisioner KPU Muba,” kata Direktur Lintas Politika, Kms Khairul Mukhlis kepada wartawan,  Sabtu (15/1).

    Dikatakan Mukhlis, sebagai lembaga negara, KPU harus menghormati apa yang telah menjadi keputusan hukum dan keputusan MA bersifat final dan mengikat karena tidak ada upaya hukum lagi. “Setelah putusan ini, KPU Muba sekarang diminta legowo. KPU sekarang menyerahkan jabatannya ke Rustam Effendi dkk,” pintanya.

    Menurut mantan ketua KPU Palembang ini, putusan ini tidak dibutuhkan surat lebih lanjut, secara otomatis. Prosesnya anggota KPU lama menjalankan tugas, melanjutkan tahapan pilkada. “Khawatirnya jika ini tidak diindahkan, maka hasil dan tahapan Pilkada akan cacat hukum. Karenanya, kami minta Provinsi akan melakukan supervisi mengembalikan hak komisioner yang lama,” harapnya.

    KPU Sumsel Tolak Putusan MA

    Terpisah, Komisioner KPU Sumsel,  Ahmad Naafi SH MKn mempersilakan Lintas Politik pelajari lagi perintah MA.  Tidak ada perintah untuk mengembalikan hak mereka untuk jadi komisioner karena sudah dinyatakan bersalah secara etik.

    “Biarlah mekanisme hukum administrasi negara yang berlaku untuk melakalsanakan putusan MA. Bukan melalui desakan seperti ini. Hormatilah mekanisme hukum yang berlaku,” pintanya. (Dul)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com