• Legislator KOTIM Sambut Baik Tim Saber Pungli      

    0

    Sampit, jurnalsumatra.com – Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Jainudin Karim menyambut baik dibentuknya tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar.
    “Kita berharap tim Saber Pungli bentukan pemerintah pusat itu nantinya bisa ke Kotawaringin Timur turut membantu memberantas Pungli di daerah itu,” katanya kepada wartawan di Sampit, Senin.
    Banyak pratek Pungli di Kotawaringin Timur yang perlu diberantas, untuk itu tim Saber Pungli diharapakan nantinya bisa turut membantu meberantasnya.
    Dengan adanya bantuan tim Saber Pungli diharapakan praktek yang merugikan banyak masyarakat tersebut nantinya bisa diberantas dan pelakunya diberikan sanksi sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, sehingga memberikan efek jera.
    Menurut Jainudin, salah satu contoh praktik Pungli yang sampai saat masih terjadi terhadap masyarakat adalah Pungli yang dilakukan oleh sejumlah pengelola dan juru parkir.
    Pungutan parkir di Kotawaringin Timur bisa masuk dalam kategori Pungli karena sudah tidak sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).
    Jika mengacu pada Perda maka untuk parkir kendaraan roda sebesar Rp1.000/unit, kendaraan roda empat sebesar Rp3.000/unit dan untuk kendaraan roda enam dan seterusnya sebesar Rp5.000/unit.
    “Fakta di lapangan yang kita temukan para juru parkir memungut tidak sesuai dengan Perda, yakni untuk kendaraan roda dua sebesar Rp2.000/unit, kendaraan roda empat sebesar Rp3.000/unit dan kendaraan roda enam seterusnya sebesar Rp5.000/unit,” katanya.
    Jainudin mengatakan, pelanggaran Perda tersebut sudah lama terjadi, namun sayangnya belum ada upaya akan dilakukan penertiban dari dinas teknis dan instansi terkait meski banyak dikeluhkan masyarakat.
    Pelanggaran Perda tersebut terus terjadi diduga akibat lemahnya pengawasan terhadap pengelola dan juru parkir.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com