• Kemenkumham Tunggu Pemeriksaan Dua Oknum Pegawai Rutan

    0

         Palu, jurnalsumatra.com – Kepala Bidang Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah Tholib mengaku sudah menerima informasi mengenai penangkapan dua oknum aparatur sipil negara di Rumah Tahanan Negara Palu dan Parigi atas dugaan sebagai makelar kasus.
    “Saya sudah dengar (penangkapan, red.). Namun, kami masih menunggu hasil pemeriksaan Polda Sulteng terlebih dahulu baru mengambil langkah-langkah selanjutnya terhadap dua pegawai itu,” kata Tholib saat dihubungi di Palu, Senin.
    Ia mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada pihak dari mana pun yang melapor atau mengadukan kedua oknum aparatur sipil negara (ASN) tersebut ke Kemenkumham sehingga pihaknya juga tidak bisa melakukan tindakan apa pun terhadap kedua oknum ASN itu.
    “Yang saya dengar itu masalah utang piutang. Akan tetapi, kalau benar bahwa mereka sudah ditangkap polisi, itu berarti ada kasus pidananya. Jadi, kita tunggu hasil pemeriksaan Polda, baru mengambil langkah selanjutnya terhadap kedua ASN tersebut,” ujarnya.

         Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto kepada wartawan mengatakan bahwa pihaknya menangkap dua oknum ASN di rumah tahanan negara dan seorang oknum yang mengaku wartawan atas dugaan melakukan penipuan sebesar Rp170 juta dengan modus “makelar kasus” terhadap korban bernama Hamka.
    Kedua oknum PNS itu masing-masing berinisial AB dari Rutan Palu dan DS dari Rutan Parigi, sedangkan warga yang mengaku wartawan tersebut adalah YS alias IH.
    Ketiga pelaku menjanjikan akan membantu Hamka yang terlibat kasus narkoba agar vonis hukumannya bisa lebih ringan daripada tuntutan jaksa asal menyerahkan uang Rp170 juta.
    Dari jumlah uang itu, kata Hari, AB menerima sebesar Rp50 juta, DS sebesar Rp10 juta, dan Ys alias IH sebesar Rp110 juta.
    “Yang terjadi setelah uang diberikan, Hamka tetap divonis bersalah, bahkan hukumannya ditambah menjadi 5 tahun penjara,” ujar mantan Kapolres Buol itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com