• Kantor Imigrasi Sukabumi Tangkap 15 WN Irak

    0

       Sukabumi, jurnalsumatra.com – Sebanyak 15 warga negara Irak ditangkap petugas Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Jawa Barat, di Vila Intan Cianjur pada Kamis, (14/10) karena melanggar peraturan keimigrasian seperti ketentuan izin tinggal.
    “Dari hasil penyelidikan kami, mereka datang ke Indonesia dengan dilengkapi surat-surat keimigrasian seperti paspor dan lain-lain. Namun, keberadaan mereka ini melanggar aturan keimigrasian Indonesia,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Filianto Akbar kepada Antara di Sukabumi, Senin.
    Menurut dia, pelanggaran yang dilakukan 15 warga Irak tersebut yakni tidak mempunyai izin tinggal dan masuk ke Indonesia tanpa melalui pemeriksaan keimigrasian sehingga bisa dikatakan keberadaan mereka itu ilegal.
    Ia menyebutkan dari 15 orang itu, empat merupakan anak-anak, tiga wanita dewasa dan sisanya pria dewasa. Namun, hanya dua orang saja yang ditahan di Ruang Detensi Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi yakni Mudhafar Kareem Mohammed dan Buraq Tawfeeq Abdulzahra.

        Sementara, 13 orang lainnya dikembalikan lagi ke Vila Intan Cianjur, tapi dalam pengawasan ketat pihaknya. Rencananya mereka akan dideportasi ke negaranya dalam waktu dekat.
    “Kami sudah berkoordinasi dengan Direktorat Jendral Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI serta International Organization for Migration (IOM) untuk medeportasi mereka,” tambahnya.
    Filianto mengatakan modus yang dilakukan mereka agar bisa tetap tinggal di Indonesia adalah dengan meminta surat keterangan sebagai pengungsi atau pencari suaka dari perwakilan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di Jakarta. Bahkan, mereka informasinya sudah menetap selama tiga tahun.
    Namun, setelah berkoordinasi dengan pihak UNHCR ternyata Irak saat ini bukan lagi merupakan negara konflik atau perang sehingga tidak bisa dititipkan di rumah komuniti atau tempat untuk pencari suaka sebelum diberangkatkan ke negara penerima suaka.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com