• Kaltara Targetkan Swasembada Pangan 2018

    0

        Nunukan, jurnalsumatra.com – Provinsi Kalimantan Utara menargetkan telah mampu swasembada pangan pada 2018 setelah seluruh sarana prasarana atau infrastruktur tersedia.
    Hal ini disampaikan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kaltara, Syaiful Herman melalui keterangan pers Humas Pemprov Kaltara kepada Antara di Nunukan, Kamis sekaitan dengan sejumlah usulan yang dihimpun dari pemerintah kabupaten/kota akhir-akhir ini.
    Ia menegaskan, Pemprov Kaltara berkomitmen menjalankan program pemerintah pusat dalam mewujudkan kemandirian pangan secara nasional sehingga mengusulkan pengadaan pada bidang pertanian dan peternakan berupa padi, palawija, inseminasi buatan, hortikultura, alsin, jalan usaha tani, irigasi dan embung.

        Syaiful Herman menyatakan, pada 2017 Provinsi Kaltara mengusulkan alsin, cetak sawah, sapi dan kegiatan menyangkut peningkatanm produksi pangan lainnya, pompanisasi untuk irigasi sebanyak 50 unit yang akan dibagikan ke kabupaten/kota.
    Kemudian program yang sedang berjalan di Provinsi Kaltara adalah target tanam tahap kedua pada Oktober 2016 sekitar 2.067 hektar yang telah terealisasi sekitar 20 persen pada periode tanam tahap pertama pada April-September 2016 lalu.
    Ia melanjutkan, pada 2017 mendatang Provinsi Kaltara akan mencetak 26 ribu kehtar lahan persawahan dengan target tanam berupa padi, kedelai dan jagung.
    Atas acuan inilah, kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan memprediksi wilayahnya akan memasuki swasembada pangan khususnya padi ditambah pula swasembada daging melalui program inseminasi buatan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com