• Kadispenduk Kota Kupang Jamin Tidak Ada Pungli

    0

         Kupang, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang David Marts Mangi menjamin tidak ada aksi pungutan liar (pungli) yang dilakukan PNS di dinas tesebut, karena semua layanan menggunakan standar waktu kerja.
    “Kita terapkan standar layanan termasuk waktu layanan setiap pengurusan sehingga diyakini tidak ada peluang bagi PNS lakukan pungli,” kata David kepada Antara di Kupang, Selasa.
    Dia mengatakan hal itu menjawab kemungkinan terjadinya pungli di dinas yang melayani surat dan catatan kependudukan warga tersebut.
    Menurut dia, meski layanan di dinas tersebut masih belum sempurna disebabkan masih kurangnya sarana dan prasarana pendukung, namun dipastikan momentum bagi petugas untuk lakukan pungli tidak ada.
    Hal itu karena pelayanan di dinas tersebut berbasiskan standar layanan dengan jangkauan waktu yang pasti, sehingga tidak bisa dijadikan alasan bagi petugas meminta uang di luar ketentuan yang ada alias pungli.
    Selain penerapan standar layanan, kata dia, pembebasan biaya alias gratis untuk beberapa urusan, juga diyakini akan ikut membantu pencegahan pungli.

         Dia menyebut untuk layanan perekaman KTP elektronik dan akta kelahiran misalnya, diterapkan layanan gratis. Sehingga tidak ada lagi kesempatan bagi petugas menaggih uang bayaran.
    Dia mengaku akan sanggup mengawasi kemungkinan praktik pungli di dinas itu karena pola layanan yang diterapkan.
    Warga juga diharap melapor jika mengalami praktik pungli. Karena dengan melapor itulah, petugas yang melakukan pungli bisa dikenai sanksi.
    “Kami sudah berkomitmen untuk tegakan aturan tanpa pandang bulu bagi pegawai yang pungli,” katanya.
    Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Noce Nus Loah terpisah mengatakan hal senda dan menjamin tidak ada pungli di lembaga itu.
    Menurut dia, ada sejumlah pengurusan izin yang dilakukan berbasis online sehingga tidak dimungkinkan terjadi pungli.
    “Asalkan para pemohon izin mengurus izinnya sendiri tanpa melalui calo. Kalau sudah pakai calo itu sudah di luar kendali kami,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com