• Jembatan Musi IV Terhalang Gedung

    0

    proyek-jembatan-musi-empatPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Sebagai penunjang infrastruktur dalam rangka menyambut Asian Games yang akan berlangsung pada tahun 2018 mendatang, Pembangunan jembatan musi IV terus digenjot, namun pengerjaan terhenti sementara waktu karena masih ada lahan yang belum dibebaskan yang berada di Sebrang Ulu 1.

    Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metropolitan Balai Besar Jalan dan Jembatan Nasional (BBJN) III, Azwar Edhi mengatakan pihaknya mengalami karena kekurangan lahan sehingga sehingga harus membebaskan lahan lagi warga lagi, pengerjaan untuk sementara waktu dihentikan.

    “Ternyata kita membutuhkan lahan lagi untuk mobilisasi alat pengerjaan pembangunan, namun lahan belum dibebaskan,”kata Azwar, usai mengelar rapat perepatan pembangunan jembatan musi IV di Pemkot,Selasa (18/10).

    Lahan yang dibutuhkan yakni berada di P10 atau seberang ulu untuk mempermudah dan memperlancar pekerjaan.Lahan yang ingin kita bebaskan yakni berupa gedung dengan luas 600 meter dan ini sangat dekat dengan lokasi pembangunan sehingga memang harus dibongkar.

    Awalnya, area tersebut tidak terkena pembebasan lahan.Namun karena kebutuhan pengerjaan sehingga dibutuhkan lahan baru, dengan adanya lahan baru pengerjaan akan semakin cepat, status tanah ini milik warga. Namun yang menjadi persoalan status tanah ini sengketa sehingga belum ada kejelasan pemiliknya.

    “Kita juga meminta bantuan pemkot untuk melakukan ini.Dan kamis nanti kita akan meninjau ke lokasi bersama pihak pemkot, tentang status tanah ini ada kejelasan,”kata dia.

    Pihaknya akan mengajukan dana tambahan untuk pembebasan lahan ini tahun depan, namun berapa besar dana yang diajukan belum dapat diperkirakan, namun pengajuan akan dibahas bersanma dengan KJPP.

    “Saat ini, progres pembangunan musi IV baru mencapai 17 persen dari seharusnya 18 persen.Kita minus 1 persen seharusnya sudah capai 18 persen karena salah satu kendala karena lahan ini juga,”urainya.

    Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Metropolis BBPJN wilayah III, Gunawan mengatakan hingga saat ini progres pembangunan jembatan musi IV baru mencapai 17 persen. progres pembangunan yakni dalam tahap pemancangan tiang pancang ditengah sungai musi.

    Dirinya mengatakan hingga akhir tahun pihaknya menargetkan pembangunan capai 34 persen.Sesuai target kerja Febuari 2018 mendatang ini sudah selesai. Sehingga jembatan ini sudah dapat berfungsi (eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com