• INSA: Pengembangan Maritim Dumai Dukung Pertumbuhan Ekonomi

    0

    Dumai, Riau, jurnalsumatra.com – Ketua Umum Indonesia National Shipowners Association (INSA), Carmelita Hartoto, menilai potensi maritim dan kekayaan laut Dumai perlu dikembangkan guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan keuangan daerah.
    “Pengembangan potensi maritim diarahkan ke daerah dan salah satu Dumai dengan kekayaan laut dan alur pelayaran strategis guna mendukung tujuan poros kemaritiman yang dicanangkan presiden,” kata Carmelita dalam Seminar Nasional Kemaritiman di Kota Dumai, Senin.
    Kota Dumai sebagai pintu gerbang di pantai timur Sumatera, menurut dia, memiliki arti penting untuk mendorong kemajuan sektor kemaritiman nusantara yang dijadikan tumpuan ekonomi masa depan negara oleh Presiden Joko Widodo.
    Dikatakan, sejumlah proyek strategis poros maritim diletakkan di Dumai sebagai salah satu daerah pelabuhan prioritas, dan perlu mendapat dukungan semua pihak pelaku pelayaran dengan koordinasi baik ke pemerintah setempat.
    Seminar bertema Kota Dumai dalam lintasan Poros Maritim Indonesia ini, Carmelita mendorong pengurus INSA daerah untuk mendukung program poros maritim dan meningkatkan sinergi dengan pemerintah setempat agar pelaksanaan transportasi laut berjalan baik dan kondusif.
    Kemudahan pelayanan dalam sistem transportasi laut harus terus ditingkatkan oleh pelaku usaha bersama stake holder atau instansi pemerintah terkait di wilayah kemaritiman agar perekonomian bergerak dan potensi dapat dikelola dengan optimal.
    “Kekayaan laut mampu menyelesaikan berbagai persoalan jika potensi dikelola dengan baik dan optimal oleh seluruh pihak, karena itu kita mendorong agar pelayanan di kepelabuhanan terus ditingkatkan,” terang Carmelita dalam seminar yang dihadiri pengurus 21 INSA daerah.
    Rencana pemerintah pusat menempatkan sejumlah proyek nasional dan tol laut di Kota Dumai merupakan anugerah untuk daerah dan harus disikapi dengan makin meningkatkan jasa dan pelayanan di kepelabuhanan secara efektif efesien.
    Dia berharap melalui seminar ini seluruh pengurus INSA daerah dan pusat dapat saling berkontribusi pemikiran dan konsep dalam menyukseskan program poros maritim nasional dan pengembangan potensi kemaritiman untuk jasa dan pelayanan.
    Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli AS apresiasi pelaksanaan seminar nasional kemaritiman oleh INSA dan berharap dapat menggali potensi dan mengoptimalkan demi kemajuan daerah dan pertumbuhan ekonomi nasional.
    “Kontribusi pelaku usaha di kemaritiman sangat potensial guna mendukung maju pembangunan daerah dan ekonomi, karena itu dengan seminar ini nantinya diharap ada kesimpulan strategis untuk optimalisasi potensi dan kekayaan laut,” harap Zul As.
    Seminar Nasional Kemaritiman bertema Kota Dumai dalam Lintasan Poros Maritim Indonesia ini dihadiri perwakilan Gubernur Riau, Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Ketua Umum Organda, unsur pimpinan daerah, Kadin, BUMN BUMD dan swasta serta berbagai organisasi masyarakat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com