• Indonesia-Prancis Berkomitmen Tingkatkan Upaya Perdamaian Dunia    

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Pemerintah Indonesia dan pemerintah Prancis berkomitmen untuk berkerja sama guna terus meningkatkan berbagai upaya perdamaian dunia, seperti disampaikan dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Sabtu.
    Komitmen tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Prancis untuk Urusan Eropa Harlem Desir saat melakukan pertemuan bilateral di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN-Uni Eropa ke-21 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand.
    Pada pertemuan bilateral tersebut, kedua menteri selain mendiskusikan beberapa isu yang diangkat pada pertemuan ASEAN-UE ke-21, juga membahas beberapa isu bilateral yang menjadi kepentingan Indonesia dan Prancis, salah satunya adalah penguatan kerja sama dalam rangka menjaga perdamaian dunia.
    Pemerintah Prancis menyampaikan penghargaan terhadap peran aktif Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, termasuk dalam persiapan pelaksanaan Konferensi Perdamaian Internasional yang digagas oleh Prancis.
    Sebagai salah satu komitmen Indonesia di bidang misi perdamaian dunia, Indonesia akan hadir dalam Pertemuan “High Level Ministerial Event on Peacekeeping in a Francophone Environment” yang digagas oleh pemerintah Prancis.
    Acara tersebut rencananya akan diadakan pada 26-27 Oktober 2016 di Paris, Prancis dan membahas mengenai misi-misi perdamaian serta kaitannya dengan pengembangan komunikasi berbahasa Prancis bagi personel PBB dan kontingen misi pemeliharaan perdamaian.
    Indonesia dan Prancis memiliki mekanisme bilateral dalam bentuk Forum Konsultasi Bilateral di level menteri, antara lain Dialog bidang Pertahanan Indonesia-Prancis, Kelompok Kerja Bersama (KKB) untuk Pendidikan Tinggi, KKB untuk Pariwisata, KKB untuk Energi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com