• HNSI Bangka Kembangkan Nila Air Laut

    0

         Sungailiat, jurnalsumatra.com – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengembangkan uji coba budidaya ikan nila di air laut menggunakan media keramba apung sistem aklimatisasi.
    “Selama ini diketahui ikan nila merupakan salah satu ikan yang berkembang biak di air tawar, dan kami sedang melakukan uji coba budidaya ikan nila air laut sistem aklimatisasi,” kata Ketua HNSI Kabupaten Bangka Ridwan di Sungailiat, Rabu.
    Ia mengatakan, sistem aklimatisasi merupakan proses penyesuaian dua kondisi lingkungan yang berbeda dari tempat asal ke perairan selanjutnya sehingga perubahan kondisi tersebut tidak menimbulkan stress bagi ikan itu.

         “Saya mengakui, uji coba ini  perlu dilakukan secara cermat dan penuh kesabaran agar mengurangi tingkat stress pada ikan terhadap perubahan lingkungan yang berbeda,” katanya.
    Menurutnya, selama dua bulan berjalan melakukan kegitan uji coba yang sekaligus sebagai kegiatan percontohan ini belum mengalami kendala.
    “Kondisi ikan kondisi baik dan nampak bertumbuh besar secara alami dan normal karena pola pakan yang kami atur,” katanya.
    Melalui pola pemindahan budidaya ikan air tawar ke air laut kata dia, diharapkan dapat berjalan normal sehingga memberikan peluang baru bagi masyarakat untuk mengembangkannya.
    “Saya berharap nantinya, pola pengembangan budidaya ikan melalui sistem aklimatisasi ini mendapat dukungan dan perhartian penuh dari pemerintah maupun swasta karena dianggap dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com