• HNSI Bangka Ingatkan Nelayan Di Selat Gelasa

    0

         Sungailiat, jurnalsumatra.com – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) cabang Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan seluruh nelayan tradisional di daerahnya untuk mewaspadai gelombang pasang di selat gelasa yang mencapai kurang lebih empat meter.
    “Saya minta nelayan untuk menghindari penangkapan di kawasan selat gelasa karena informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, mencapai empat meter,” kata Ketua HNSI Kabupaten Bangka, Ridwan di Sungailiat, Senin.
    Menurutnya, gelombang air laut setinggi itu yang biasanya diikuti oleh tiupan angin kencang sangat membahayakan bagi nelayan tradisional.
    “Saya minta nelayan mencari ikan di kawasan penangkapan yang golombang air lautnya dalam kondisi aman,” ujarnya.

         Meskipun diketahui gelombang di kawasan penangkapan dianggap cukup aman kata dia, nelayan tetap mewaspadai mengingat gelombang pasang yang disertai angin kencang dapat datang sewaktu-waktu tanpa diketahui oleh nelayan.
    “Saya ingatkan nelayan sebelum melaut hendaknya semua perlengkapan keamanan harus tetap terjaga termasuk radio komunukasi antar nelayan yang besar manfaatnya termasuk kelengkapan keamanan lainnya,” ujarnya.
    Ridwan mengimbau agar antar nelayan saling berkoordinasi baik pada waktu melakukan penangkapan atau saat di darat supaya tetap terjaga kebersamaan.
    “Nelayan yang sudah di laut hendaknya berkenan memberikan informasi bagi nelayan yang hendak berangkat baik masalah cuaca atau hasil tangkapan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com