• Harga Cabai Merah Kembali Melambung

    0

    rrrrcabai-harga cabaiPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Harga Cabai merah dalam beberapa bulan terakhir terus mengalami kenaikan, kenaikan terjadi karena stok cabai di pasaran kosong yang menca[ai Rp 60 ribu perkilogram,cabai juga penyebab terjadianya inflasi yang terjadi

    Di Pasar Palimo Palembang, beberapa pedagang menyampaikan jika harga cabai merah terus naik sejak beberapa hari lalu. Dimana, kenaikan sudah terjadi dari agen d Pasar Induk Jakabaring. Dengan harga yang tinggi otomatis pedagang harga mengeluarkan modal yang besar.

    “Harga cabai ini terus-terusan naik, kami juga tidak tau apa penyebabnya. Karena, kenaikan harga cabai merah sudah dari agennya,”kata Masiron salah satu pedagang cabai KM5 Palembang, Kamis (13/10).

    Mengherankan, tidak hanya harga terus merangkak naik, saat ini ungkap Masiron pembelian juga saat ini dibatasi. Pedagang hanya boleh membeli 10-15 kilogram saja. ”Dari agen membatasi pembelian, jadi tidak hanya harga saja yang naik, stok juga katanya terbatas,”urainya.

    Tidak hanya cabai merah, harga cabai rawit juga mengalami kenaikan dari semula Rp 32.000 per kilogram kini harganya menembus harga Rp 40.000 per kilogram.”Untuk cabai merah dan rawit naik, tapi harga bawang turun. Dimana harga bawang yang biasa dijual Rp 40.000  per kilogram tapi sekarang Rp 36.000 per kilogram,tegasnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palembang, Dewi Isnaini menyampaikan, saat ini pihaknya belum mengetahui adanya kenaikan harga yang menembus Rp 60.000 per kilogramnya.“Saya belum cek ke lapangan, karena memang ada kenaikan harga dan terakhir harga cabai merah Rp 50.000 per kilogram,” jelasnya.

    Dewi mengatakan, untuk saat ini memang ada sedikit persoalan terkait dengan kebutuhan cabai merah yang mempengaruhi harganya. Kebutuhan cabai merah di Palembang cukup tinggi, sehingga berdampak pada inflasi daerah yang terjadi.

    “Palembang permintaan cabai merah cukup tinggi, sedangkan untuk stok terkadang kurang. Jadi salah satu penyebab kenaikan harga mungkin karena stok nya saat ini,” ulasnya.

    Untuk stok cabai untuk Palembang semdiri, dewi menerangkan, stok cabai merah didatangkan dari luar Palembang, termasuk dari luar Sumsel. Faktor distribusi yang terkadang menjadi kendala.

    “Faktor cuaca mempengaruhi juga distribusi bahan pangan, termasuk cabai. Tapi Dinas Perdagangan dan Koperasi Kota Palembang sudah terjunkan tim untuk mengecek ketersediaan stok cabai dan bahan pangan lainnya,”tukasnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com