• Haji – Haji Diharapkan Bisa Terapkan Ilmu Dalam Kehidupan        

    0

    Padang Panjang, jurnalsumatra.com – Wali Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Hendri Arnis mengharapkan jamaah haji yang berasal dari daerah itu bisa menerapkan ilmu yang didapat selama menunaikan salah satu rukun Islam itu di tanah suci Mekkah dalam kehidupan sehari-hari.
    “Para Jamaah Haji yang baru sampai di kampung halaman hendaknya bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci mekah dalam kehidupan sehari-hari,” kata dia di Padang Panjang, Senin.
    Hal itu disampikannya ketika menyambut jamaah haji yang berasal dari Padang Panjang secara resmi di balai kota setempat.
    Penularan ilmu yang baik dari seorang yang sudah menyandang predikat haji kepada masyarakat lainnya di Padang Panjang ini, akan menambah keimanan dari masyarakat maupun orang yang sudah haji itu sendiri.
    Ia juga mengharapkan masyarakat yang sudah melaksanakan haji ke Tanah Suci Mekkah bisa menjadi panutan di lingkungan tempat tinggalnya.
    “Sehingga masyarakat yang beragama Islam lainnya yang belum melaksanakan haji bisa tergerak hatinya menunaikan salah satu rukun Islam itu nantinya,” ujarnya.
    Zaman sekarang terangnya masih banyak manusia yang sudah berekonomi menengah keatas belum menunaikan ibadah haji, padahal secara materi merak itu sudah mampu.
    Sebelumnya, jamaah haji yang berasal dari Padang Panjang sampai di kampung halaman, Kamis (29/9) setelah mendarat di Bandara Internasional Mingkabau (BIM) dan penyerahan dari pengurus haji di embarkasi Padang ke Padang Panjang.
    Jamaah haji disambut oleh sanak famili dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Padang Panjang sebelum menuju kediamannya masing-masing bersama keluarga yang sudah menunggu di lokasi Balai Kota setempat.
    Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Padang Panjang, Eri mengatakan untuk penjemputan jamaah haji 2016 itu difasilitasi oleh pemerintah setempat.
    “Mobilitas jamaah haji dari Padang menuju Padang Panjang sudah kami sediakan, bantuan itu mulai dari keberangkatan hingga kepulangan jamaah haji,” katanya.
    Selanjutnya, terang dia, acara penyambutan secara resmi akan dilakukan oleh Pemkot Padang Panjang, pada Senin (3/10).
    “Mudah-mudahan Jamah Haji Padang Panjang mabrur semuanya dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.
    Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementrian Agama Padang Panjang, Syaiful Arifin mengatakan Padang Panjang tahun ini memberangkatkan Sebanyak 167 Calon Haji pada gelombang pertama yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) VIII.
    “Calon haji Padang Panjang akan bergabung dengan Kota Padang dan Kabupaten Tanah Datar. Satu kloter berjumlah sekitar 450 orang,” tambahnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com