• Gubernur Segera Bangun RSUD Tipe B Merauke

    0

        Jayapura, jurnalsumatra.com – Gubernur Papua Lukas Enembe bersama Bupati Merauke Frederikus Gebze akan meletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe B di Merauke, Selasa (18/10).
    “Pada Selasa (18/10) akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan RSUD tipe B di Merauke untuk wilayah adat Animha, yang akan dilaksanakan oleh Gubernur Papua Lukas dan Bupati Merauke Frederikus Gebze,” kata Kepala Dinas Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai, di Jayapura, Sabtu.
    Aloysius menjelaskan, hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan program strategis Gubernur Lukas Enembe dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan rujukan bagi rakyat Papua.
    “Selama ini beberapa kali disampaikan kapan dibangun RSUD tersebut, tapi sebenarnya kalau dilihat dari sisi fisiknya, mulai peletakan batu pertama pada Selasa nanti,” ujarnya.
    Lanjut dia, sebenarnya pembangunan bukan hanya pembangunan fisik saja tetapi pembangunan yang juga dimaksudkan adalah peralatan kedokteran, fasilitas kesehatan, termasuk sumber daya manusia (SDM) dan tenaga pendukung lainnya juga dibangun.
    Ia mengatakan, Gubernur sudah melengkapi peralatan kedokteran dilima wilayah adat yang ada di Provinsi Papua, sehingga peletakan batu pertama pembangunan RSUD itu merupakan pembangunan fisiknya.

        “Jadi, peralatan kedokteran minimal RSUD tipe B itu sudah dilengkapi oleh Gubernur di lima wilayah adat, cuma fisiknya baru mau dimulai,” ujarnya.
    Terkait persiapan peletakan batu pertama, menurut Aloysius, pihaknya sudah membangun komunikasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dan mereka siap.
    Dia mengatakan, pembangunan rumah sakit itu didanai dengan konsering dana dari Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
    Lanjut dia, dengan konsering dana Provinsi sebesar Rp15 miliar untuk tahun ini dan di kabupaten juga Rp15 miliar dan DAK juga tahun ada dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu yang digunakan untuk pembangunan rumah sakit tersebut.
    “Kita harapkan seperempat dari pembangunan fisik RSUD tipe B ini bisa terwujud tahun ini, sehingga tahun 2017 saya harap 50-70 persen kita kejar, jadi mungkin yang kurang-kurang sedikit kita lengkapi pada 2018 dari sisi fisik dan infratrukturnya,” ujarnya.
    “Kenapa ini bisa cepat terjadi karena Bupati Merauke yang baru ini respon-nya cepat dan beliau punya komitmen tinggi untuk mewujudkan visi-misi beliau dan janji-janji kampanye kepada rakyat sewaktu mencalonkan diri sebagai bupati,” ujarnya.
    Wilayah adat animha meliputi Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi dan Kabupaten Asmat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com