• Gubernur NTT: Ruang Pungli Sudah Dipersempit

    0

         Kupang, jurnalsumatra.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengatakan, ruang untuk pungutan liar sudah dipersempit dengan  sistem dan prosedur tata kelola keuangan daerah bersistem dalam jaringan.
    “Kami tidak terlalu ragu dengan pungutan liar, karena mulai dari pungutan sampai pada setoran ke bank, semuanya sudah berbasis ‘online’. Pejabat dan bendahara hanya pengadministrasi saja. Mereka tidak memegang uang,” kata Gubernur Lebu Raya di Kupang, Selasa, mengenai upaya pemberantasan pungli di NTT.
    Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada seluruh jajaran pemerintah agar menghentikan praktik pungutan liar dalam melayani masyarakat.
    Pemerintah telah menyiapkan tim gabungan yang akan melakukan Operasi Pemberantasan Pungli di seluruh Kementerian dan Lembaga, terutama pada bidang pelayanan kepada masyarakat.

         Menurut Gubernur, Pemerintah NTT sudah dan akan terus melakukan pembenahan terhadap sistem dan prosedur tata kelola keuangan daerah, mulai dari pungutan sampai pada setoran ke bank pemerintah.
    “Petugas sudah tidak menerima uang. Pejabat dan bendahara juga tugasnya hanya membuat administrasi,” katanya.
    Kepala Dinas Pendapatan dan Aset Daerah NTT Ubaldus Toda dalam keterangan terpisah mengakui, semua prosedur mulai dari pungutan sudah menggunakan sistem online, dan tidak ada ruang bagi pejabat maupun bendahara melakukan pungutan.
    Dia mengatakan, hal yang masih perlu dibenahi adalah menyatupadukan sistem Samsat dan penataan laporan keuangan, sehingga semuanya bisa terintegrasi.
    “Hanya sistem pengelolaan di Samsat yang masih perlu dibenahi. Samsat masih mengunakan formula RUPS. Antara RUPS dan laporan keuangan tidak terintegrasi,” katanya.
    Jika sistem ini sudah bisa dibenahi, maka kas yang masuk hari ini bisa langsung diuji, kata Ubaldus Toda.
    Hal lain yang juga masih perlu dibenahi adalah bagaimana menyiapkan sumber daya manusia berbasis teknologi dan informasi  handal, yang bisa mengendalikan sistem secara baik, katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com