• Gubernur Aher Pastikan Jembatan Putrapinggan Sudah Diatasi

    0

         Bandung, jurnalsumatra.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memastikan Jembatan Putrapinggan, di Kota Banjar, yang amblas sudah diatasi oleh berbagai pihak dan akses yang terputus akibat amblasnya infrastruktur tersebut kini sudah bisa dilalui kembali meski belum maksimal.
    “Tim sudah datang ke lokasi sejak Minggu (9/10) malam. Jembatan sementara (bailey) sudah terpasang untuk membuka kembali akses dari dan ke lokasi tersebut. Bailey dipasang dua arah. Untuk sementara satu arah dulu, gantian tapi kalau nanti pada saatnya juga dibangun bailey dua arah,” kata Ahmad Heryawan di Gedung Sate Bandung, Senin.
    Aher menuturkan jembatan tersebut ambrol setelah dihantam banjir besar yang melanda kawasan tersebut, terlebih kiriman air banjir tersebut membawa puing-puing kayu, bambu, dan material lainnya yang terus menghantam jembatan tersebut.
    “Jadi pondasi sekuat apapun, ketika bandang, ya begini,” katanya.

         Ketika ditanyakan tentang penanganan ke depannya seperti apa, ia menuturkan pemerintah akan membangun jembatan baru sebagai pengganti jembatan lama.
    “Akan dibangun lagi jembatannnya. Enggak mungkin diperbaiki, sudah melengkung. Berisiko, ya dibuang. Tapi saya belum melihat detailnya seperti apa,” kata dia.
    Sementara itu polisi mengalihkan arus lalu lintas kendaraan jalur utama Kabupaten Pangandaran-Kota Banjar atau menuju Bandung, Jawa Barat, akibat adanya Jembatan Putrapinggan, amblas sehingga tidak dapat dilintasi kendaraan, Minggu malam.
    Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pengalihan ke jalur alternatif karena jembatan di jalur utama amblas tidak dapat dilalui kendaraan roda dua maupun empat.
    “Jalur alternatif dari Pangandaran menuju ke Banjar bisa lewat Langkap Lancar, Selasari, Kalijati,” kata Yusri.
    Ia mengatakan polisi yang diterjunkan untuk pengamanan lalu lintas bertugas mengarahkan kendaraan dari Pangandaran menuju Banjar untuk melewati jalur alternatif.
    Sedangkan kendaraan yang hendak ke Tasikmalaya dapat melewati Cimerak – Sindangsari, Legok, Cikalong dan Cikatomas.
    Kendaraan yang hendak ke Bandung dapat melewati jalur selatan Jabar yakni Cianjur, Sukabumi bisa juga Cimerak, Cikalong dan Pameungpeuk.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com