• Empat MENKO Sepakat Akan Lakukan Pertemuan Intensif

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Empat menteri koordinator, yakni Menko Polhukam, Kemaritiman, Perekonomian, dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan sepakat untuk melakukan pertemuan secara intensif untuk mengkoordinasikan semua masalah di masing-masing bidang dan masalah yang beririsan dengan menko lain.
    “Kami sudah bertemu setengah jam antara Pak Darmin, Bu Puan dan Pak Rizal. Kita sudah bersepakat untuk melakukan pertemuan reguler.  Kita berharap kabinet ini, betul-betul satu suara,” kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan usai melakukan pertemuan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa.
    Namun demikian, bila dibawah terjadi suara yang berbeda, maka hal itu adalah wajar. Itu akan dibicarakan secara intern di masing-masing Kemenko, katanya.
    Pertemuan berikutnya, kata Luhut, akan dilakukan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, kemudian Menko Maritim Rizal Ramli dan Menko PMK Puan Maharani.
    “Pertemuan reguler akan dilakukan dua minggu sekali atau tiga minggu sekali. Misalnya, ada ‘hot issue’ di tempatnya Bu Puan, maka kami akan diundang Bu Puan. Begitu juga dengan Pak Rizal dan Pak Darmin. Itu tergantung konteks yang ada,” katanya.
    Dengan demikian, kata Luhut, maka tidak ada lagi menteri yang bicara tak terkoordinasi. Suasana ekonomi saat ini memerlukan ketenangan.
    Di tempat yang sama, Menko PMK Puan Maharani mengharapkan keempat menko kompak dalam mensinergikan, mengkordinasikan dan mengendalikan kementerian/lembaga yang dibawah, sehingga berjalan serirama.
    “Kita ingin agar iramanya senada dengan program-program di bawah kementerian terkait, sehingga rakyat bisa mendapatkan dampaknya secara maksimal. Tidak berjalan sendiri-sendiri. Kita akan melakukan bersama-sama mengendalikan kementerian/lembaga dibawah empat menko,” kata Puan seraya menambahkan selama ini koordinasi sudah berjalan dengan baik.
    Sementara Menko Maritim Rizal Ramli menambahkan koordinasi antara empat Kemenko akan dimaksimalkan, terlebih hubungan personal dan emosional diantara empat menko cukup baik dan tak ada masalah.
    “Saya tadi di dalam rapat bercanda-canda karena spiritnya memang sama, yakni agar Indonesia bisa lebih hebat dan lebih maju,” kata Rizal Ramli.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com