• Elvan Leonardi Pecahkan Rekor Peparnas Dan Paragames

    0

         Bandung, jurnalsumatra.com – Atlet renang Jawa Barat, Elvan Leonardi, memecahkan rekor Peparnas XIV/Riau 2012 dan ASEAN Paragames 2008/Thailand, pada 100 meter gaya bebas S7 Pekan Paralimpik Nasional XV, di arena kolam renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Senin.
    Pada nomor itu, Elvan Leonardi mencatatkan waktu 01.13 detik dan prestasinya mengalahkan rekor Peparnas XIV/Riau 2012 atas nama Muh Saleh (Kalimantan Selatan) dengan catatan waktu 1.16 detik dan rekor ASEAN Paragames 2018 atas nama Sitichai S. (Thailand) dengan catatan waktu 1.14 detik.
    “Emas ini saya persembahkan buat Jawa Barat, dan utamanya buat istri serta kedua anak saya di Sukabumi,” kata Elvan Leonardi usai menerima medali kepada Antara.
    Elvan mengaku tidak menyangka atas torehan prestasinya tersebut karena pada nomor 100 meter gaya bebas S7, dirinya harus berhadapan dengan atlet nasional yang menjadi pesaingnya, yakni Suriansyah, atlet renang asal Kalimantan Selatan.

         “Enggak nyangka saja, karena tadi lihat ada atlet pelatnas yang turun di nomor 100 meter gaya bebas S7. Pesaing terberat juga buat saya,” kata Elvan yang menetap di Sukabumi, Jawa Barat.
    Ia juga mengaku sempat mau pensiun dari dunia renang karena fokus pada keluarga dan usaha industri tripleks yang dirintisnya di Sukabumi.
    “Sebenarnya saya itu sudah mau pensiun, jadi dari tahun 2008-2012 sempat enggak ikut pertandingan karena kuliah, terus nikah, ngurus keluarga. Dan akhirnya tahun kemarin diajakin lagi dan saya iyakan karena tuan rumah (Jawa Barat) yang ngajakin,” kata lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara, Jakarta.
    Selama enam bulan terakhir ini, dirinya rutin berlatih untuk ajang Peparnas XV/2016 di Jawa Barat.
    Lewat medali emas yang diraihnya tersebut, Alvan ingin memotivasi rekannya sesama difabel untuk tetap optimistis menjalani hidup.
    “Pokoknya tetap optimisis sekarang ini ada sarana untuk unjuk diri seperti Peparnas. Jadi buat teman-teman yang lainnya yang belum tahu harus sarana untuk mengembangkan diri. Olahraga renang ini boleh untuk dicoba. Kalau ditekuni pasti bisa membuahkan prestasi,” kata dia.
    Pada cabang olahraga renang nomor 100 meter gaya bebas S7 putra Peparnas XV/2016 Jawa Barat, medali perak diraih oleh Suriansyah, asal Kalimatan Selatan, dengan catatan waktu 1.17 detik.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com