• DPRD Simalungun Sesalkan Studi Banding KADES    

    0

    Simalungun, Sumut, jurnalsumatra.com – Anggota DPRD Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menyesalkan sikap Pemkab setempat yang memberangkatkan 253 pangulu atau kepala desa (Kades) studi banding ke Bandung, Jawa Barat, Senin.
    Menurut Ketua Fraksi PDIP DPRD Simalungun, Suryadi, Senin, legislatif telah menyarankan kepada Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori/Desa (BPMPN), Imman Nainggolan tentang kegiatan tersebut.
    “Bukan skala prioritas, apalagi setahu Saya anggarannya tidak ada ditampung di APBD 2016,” sebut Suryadi.
    Ketua Fraksi Partai Nasdem, Bernhard Damanik mengatakan, saat ini penggunaan anggaran pembangunan harus berdasarkan skala prioritas, karena pencairan DAU Simalungun September sampai Desember 2016, ditunda Pemerintah Pusat.
    “Setahu Saya, DPRD Simalungun tidak pernah menyetujui pengalokasiannya, jadi saya tidak tahu dari mana anggaran yang digunakan,” kata Bernhard.
    Seorang staf di BPMN Pemkab Simalungun, Lamhot Haloho membenarkan keberangkatan para kades yang baru dilantik studi banding ke Bandung.
    Menurut Bendahara BPMPN itu, keberangkatan kepala desa studi banding ke Bandung sudah terjadwal dan anggarannya dari APBD, bukan dari dana desa.
    Sementara dari informasi, dana untuk kegiatan studi banding tersebut mencapai Rp5 miliar yang akan diusulkan pada pembahasan Perubahan APBD tahun 2016. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com