• DPRD Kalsel Harapkan Bapelkes Menjadi BLUD

    0

         Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Ketua Komisi IV bidang kesra DPRD Kalimantan Selatan Yazidie Fauzy mengharapkan, agar Balai Pelatihan Kesehatan milik pemerintah provinsi setempat menjadan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).
    “Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) milik pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berada di Banjarbaru itu tampaknya layak menjadi BLUD,” ujarnya kepada wartawan di Banjarmasin, Kamis.
    Harapan atau pendapat laki-laki kelahiran 1967 dan berbintang Aquarius itu, sesudah Komisi IV DPRD Kalsel yang juga membidangi pendidikan dan kesehatan tersebut studi komparasi ke Bapelkes Murna Jati Malang, Jawa Timur (Jatim) pekan lalu.
    “Pascastatus BLUD, Bapelkes Murna Jati Malang, kini bukan cuma mandiri, tetapi juga bisa mendapatkan keuntungan,” kutipnya dari keterangan manajemen instalasi pelatihan kesehatan milik Pemprov Jatim tersebut. mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

         Namun, lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel IV/Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) itu, dengan status BLUD tersebut tidak harus sertamerta mengutamakan keuntungan.
    “Sembari penyesuaian untuk mencari keuntungan, tetap seperti selama ini tidak mengenyampingkan fungsi pelayanan kepada masyarakat,” lanjut mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa itu.
    Ia menambahkan, dengan status BLUD tersebut bisa mengelola keuangan sendiri dan merencanakan pendapatan tanpa ketergantungan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalsel.
    “Lebih dari itu Bapelkes bisa mandiri dan tidak lagi membebani APBD, sehingga keuangan daerah dapat pembiayaan pembangunan lain yang juga menyentuh kepentingan rakyat banyak,” demikian Yazidie Fauzy.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com