• Distanak SULTRA Jamin Tidak Ada Paceklik Beras        

    0

    Kendari, jurnalsumatra.com – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menjamin tidak ada paceklik beras hingga akhir 2016.
    Kepala Distanak Sultra Muhammad Nasir, di Kendari, Jumat, mengatakan Sultra tidak akan mengalami paceklik beras karena produksi padi tahun ini diperkirakan mengalami surplus 135.000 ton.
    “Berdasarkan trend produksi dari panen yang ada di beberapa daerah sentra produksi padi, ada surplus padi 135.000 ton sehingga paceklik Insya Allah tidak akan terjadi tahun ini,” kata Muhammad Nasir.
    Ia mengatakan, dengan surplus tersebut maka Sultra sudah kirim beras ke Gorontalo untuk memperkuat stok pangan di provinsi penghasil komoditi jagung tersebut.
    “Pengiriman beras itu menunjukan bahwa Sultra sudah termasuk salah satu provinsi penyanggah kebutuhan beras nasional,” katanya.
    Disebutkan, pemerintah provinsi terus mendorong petani agar meningkatkan produktivitas padi dengan memberikan berbagai bantuan dan sarana produksi.
    “Pemerintah telah memberikan bantuan benih, pupuk, alat mesin petanian seperti alat menanam, alat memanen dan meain pengering gabah,” ujarnya.
    Disebutkan, lima daerah sentra utama produksi padi di Sultra adalah Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Bombana, Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Kolaka Utara.
    “Sedangkan luas tanam sawah di Sultra mencapai 121.000 hektare,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com