• Dishub Bekasi: Operasional Bajaj Buka Lapangan Kerja

    0

        Bekasi, jurnalsumatra.com – Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, akan mendorong penyediaan lapangan kerja melalui operasional angkutan lingkungan bajaj berbahan bakar gas mulai Oktober 2016.
    “Kami akan mendorong masyarakat di perumahan untuk membeli bajaj sebagai alih profesi serta penyediaan potensi usaha bagi masyarakat yang berniat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana di Bekasi, Senin.
    Menurut dia, angkutan tersebut bisa dimiliki warga secara perorangan bagi mereka yang ingin beralih profesi dari pengendara becak atau ojek pangkalan ke angkutan umum ramah lingkungan.
    Angkutan tersebut dilindungi dua payung hukum yakni Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan angkutan lingkungan di kawasan perumahan dan kawasan tertentu di daerah.

        Adapun payung hukum operasional trayek bajaj akan diatur melalui Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Kota Bekasi.
    “Organda akan memfasilitasi perizinan operasionalnya lewat Koperasi Angkutan Bekasi (Koasi),” katanya.
    Dikatakan Yayan, ada dua perusahaan yang saat ini sedang mengajukan kerja sama pengadaan unit angkutan tersebut yakni PT TVS King dan PT Bajaj RE.
    Bajaj tersebut dibanderol seharga Rp67 juta per unit dengan kualitas mesin yang ramah lingkungan dan tidak bising karena menggunakan bahan bakar gas.
    “Namun kami membatasi trayeknya hanya di dalam lingkungan perumahan saja. Tidak boleh ada bajaj yang keluar ke jalan umum,” katanya.
    Menurut dia, pengadaan bajaj di lingkungan perumahan warga hanya berfungsi sebagai pengumpan bagi angkutan perkotaan di sejumlah jalan umum.
    Angkutan tersebut rencananya akan beroperasional pascaevaluasi uji coba di Perumahan Bekasi Permai, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur pada 18-28 Oktober 2016.
    “Seluruh kecamatan di Kota Bekasi akan kita pasok bajaj bila hasil evaluasi di lapangan positif. Evaluasi akan kita lakukan selama dua pekan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com