• Dinkes Segera Siapkan Fasilitas Kesehatan PON 2020

    0

        Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Provinsi Papua segera menyiapkan fasilitas pendukung layanan kesehatan di PON 2020.
    “Kita akan segera siapkan semua fasilitas pendukung layanan kesehatan untuk PON 2020 dan kita akan ambil dananya dari beberapa sumber,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Papua, dr Silvanus Sumule, di Jayapura, Kamis.
    Lanjut dia, semisal sumber dana alokasi khusus (DAK) tetap ada untuk PON baik dari Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Provinsi.
    Silvanus menuturkan, kabupaten yang ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan PON 2020 juga akan didorong untuk menyediakan fasilitas pendukung layanan kesehatan.
    “Fasilitas kesehatan yang akan diadakan itu ujung akhirnya ketika PON selesai dapat dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

        Menurut dia, kini Dinas Kesehatan Papua mempunyai “grand design” mengenai lima rumah sakit regional yang akan dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang memadai.
    “Jadi, selain lima rumah sakit ini memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetapi juga menjadi pusat rujukan bagi beberapa daerah dimana PON itu berlangsung,” ujarnya.
    Dengan demikian, lanjut dia, jika pelaksanaan PON itu dilakukan di Kabupaten Biak Numfor maka sudah ada rumah sakit yang siap menampung pasien rujukan.
    “Begitu juga kalau PON itu dilakukan di Merauke maka sudah ada rumah sakit yang siap menampung pasien, di Jayapura juga sudah ada rumah sakit yang siap menampung pasien,” ujarnya.
    Ia menambahkan, secara sistematis pihaknya sudah menyusun kebutuhan pelayanan kesehatan PON 2020.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com