• DINKES: Pembangunan RS Pratama Pasaman Dimulai 2017    

    0

    Lubuk Sikaping, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akan memulai pembangunan Rumah Sakit Pratama pada 2017 untuk memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di beberapa kecamatan yang jauh dari pusat kota.
    Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasaman, Desrizal di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan anggaran pembangunan Rumah Sakit Pratama ini berasal dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp33 miliar.
    “Rinciannya, Rp15 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp18 miliar untuk penyediaan peralatan dan perlengkapan penunjang rumah sakit,” ujarnya.
    Ia mengatakan RS Pratama ini rencananya akan dibangun di Kecamatan Padang Gelugur dengan syarat kesediaan pemerintah daerah setempat menyediakan lahan seluas tiga hektare.
    “Setelah berkoordinasi dengan bupati maka lokasi pembangunan itu akan dilakukan di Padang Gelugur. Kemarin kita bersama Bupati Pasaman sudah meninjau lokasi pembangunan yang telah direncanakan itu,” katanya.
    Menurutnya, Rumah Sakit Pratama ini merupakan rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan kesehatan dasar yang tidak membedakan kelas perawatan. Dalam pelayanannya sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan memiliki pelayanan Unit Gawat Darurat selama 24 jam, pelayanan rawat jalan, dan rawat inap.
    Sementara itu, Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan pembangunan rumah sakit ini untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan mudah.
    “Rumah Sakit Umum Daerah kita terletak di Lubuk Sikaping, dan masyarakat menghabiskan waktu sekitar kurang lebih satu jam untuk menjangkaunya, apalagi masyarakat kita yang jauh, sehingga dengan adanya pembangunan rumah sakit di Padang Gelugur ini masyarakat tidak perlu lagi ke Lubuk Sikaping terutama dalam keadaan darurat,” katanya.
    Ia meminta camat dan wali nagari Padang Gelugur untuk menyosialisasikan pembangunan Rumah Sakit Pratama ini kepada masyarakat.
    “Dengan dibangunnya rumah sakit di Padang Gelugur masyarakat Pasaman bagian utara yakni Kecamatan Padang Gelugur, Kecamatan Rao Selatan, Kecamatan Rao, Kecamatan Rao Utara, Kecamatan Mapattunggul, dan Kecamatan Mapattunggul Selatan dapat dengan cepat mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com