• Desain Masjid Taman Sriwedari Selesai Akhir 2016

    0

        Solo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menargetkan pembuatan desain masjid raya yang rencananya dibangun di atas tanah di kawasan Taman Sriwedari, bisa diselesaikan akhir tahun 2016, kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Surakarta Budi Yulistianto.
    “Setelah rencana tersebut selesai terus tahun depan dilanjutkan diharapkan Detail Engineering Design (DED) dan setelah itu proyek bisa mulai disusun,” kata Sekda Pemkot Surakarta Budi Yulistianto di Solo, Jumat.
    Ia mengatakan untuk tahun ini Pemkot baru menggelar sayembara menentukan desainnya. Desain dari pemenang sayembara itu akan dijadikan patokan dalam membuat desain masjid raya.
    Dikatakan desain hasil sayembara tersebut sebagai pedoman untuk merancang bangunan masjid, lanjut dan , bisa memudahkan Pemkot dalam menyusun tahapan pembangunan berikutnya.

        Budi menegaskan, Pemkot bakal mengoptimalkan lahan-lahan berstatus hak pakai (HP) di kawasan Taman Sriwedari guna merealisasikan ide pembangunan masjid raya tersebut. “Pembangunan masjid raya itu juga akan diselaraskan dengan penataan kawasan Sriwedari, karena kami tidak memandang pendirian masjid itu saja kawasan di sekitarnya juga ikut ditata,” katanya.
    Lomba pembuatan desain masjid raya,  juga digabungkan dengan sayembara pembuatan desain Convention Hall Pedaringan dan revitalisasi Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari. Pemkot melirik lahan Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari, sebagai lokasi pembangunan masjid raya tersebut.
    Ia mengatakan ini selain sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, Solo juga belum memiliki masjid besar di tengah Kota. Bandingkan saja dengan Kota Semarang yang memiliki Masjid Agung, Masjid Baiturrahman, serta Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com