• Dengan Anggaran Pedestrian Revitalisasi BKB Rampung

    0
    Satu Hari Setelah Penertiban di BKB

    Satu Hari Setelah Penertiban di BKB

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Sebagai salah satu kawasan ikon di Kota Palembang, Revitalisasi Benteng Kuto Besak (BKB) nterus dikebut, saat ini pengerjaan proyek sudah mencapai 90 persen. Diharapkan November mendatang revitalisasi sudah selesai.

    Kasatker Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Sumsel, Amancik melalui Pembantu Kasatker, Darmizon mengatakan, untuk saat ini revitalisasi BKB sudah hampir selesai. Selain dilakukan pengecatan di dinding BKB, juga dilakukan perbaikan conblok, pagar, panggung plaza dan pembuatan jogging track.

    “Agar BKB lebih nyaman rencananya nanti juga akan dibuat taman. Sehingga terlihat lebih hijau, karena BKB adalah ikon wsiata,”kata Amancik, Rabu (12/10).

    Selain BKB, lanjutnya, juga dilakukan pembangunan pedestrian di Jalan Sudirman, tepatnya dari depan Bank Mandiri Cinde sampai Simpang Internasional Plaza (IP). Yang menelan anggaran Rp 2,5 “Rencananya akan kembali dilanjutkan tahun depan. Kita ajukan Rp 12 miliar, karena akan dibangun sampai Bundaran Air Mancur, di kiri dan kanan jalan. Kalau sekarang, kita cukup sampai 400 meter ini dulu,”jelasnya.

    Untuk pedestrian ini, lanjut Darmizon, juga dilengkapi dengan 17 tiang lampu belido baru dan 17 kursi taman. pihaknya juga siapkan tempat sampah, jadi setiap jarak 15-20 meter akan ada tempat sampah. Pot bunga juga kita siapkan dengan tanaman perdunya,” tandasnya.

    Sementara Wali Kota Palembang, H Harnojoyo menjelaskan, diperbaikinya trotoar ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi pedestrian di kawasan Sudirman, sehingga tidak hanya menjadi nyaman bagi pejalan kaki, tetapi juga bisa menjadi destinasi pariwisata.

    Menurutnya, untuk memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki, pedestrian ini diperluas menjadi lima meter. Penataan pedestrian ini dilakukan di sepanjang Jalan Sudirman mulai dari Pasar Cinde sampai Bundaran Air Mancur.

    Penataan pedestrian di jalan protokol tersebut, lanjut Harno, memang jadi prioritas. Karena, selain untuk memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki, juga sekaligus mempercantik kawasan Sudirman yang merupakan pusat kegiatan di Kota Palembang. “Sekarang pedestrian di sana sudah rusak, ada yang sampai hancur. Nah, ini yang diperbaiki. Nanti, perbaikannya juga menyeluruh termasuk penataan parkir di Sudirman,” jelasnya.

    Selain penataan di Sudirman, lanjut Harno, pihaknya juga akan melakukan penataan di Kawah Tengkurep, Bukit Siguntang, Benteng Kuto Besak dan kawasan 7 Ulu.

    “Untuk BKB akan dibuat taman, sehingga jadi ruang terbuka hijau. Dananya sekitar Rp5 miliar juga dari APBN. Nanti di BKB juga aka nada tugu Belido, yang akan buat seperti kawasan wisata Merlion Park di Singapura,”Tukasnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com