• Dana Kompensasi Bau TPST Bantargebang Segera Disalurkan    

    0

    Bekasi, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pemberian uang kompensasi bau atau ‘Community Development’ kepada warga di sekitar Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi segera dilakukan pada Oktober 2016.
    “Tetap kami usahakan triwulan keempat uangnya sudah diterima masyarakat Bantargebang,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis TPST Bantargebang pada Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Bekasi, Senin.
    Menurut dia, pemberian uang tersebut telah memasuki jadwal pencarian, namun Pemprov DKI Jakarta masih membahasnya di Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta.
    “Prosesnya dalam tahap pembahasan di Biro Tata Pemerintahan,” katanya.
    Asep mengatakan, pihaknya telah memperbarui data jumlah penerima dana  kompensasi semenjak TPST diswakelola oleh DKI pada Juli 2016.
    Saat TPST masih dikelola swasta, jumlah penerima dana kompensasi mencapai 15 ribu kepala keluarga (KK) yang tersebar di tiga kelurahan yakni Ciketing Udik, Sumurbatu dan Cikiwul.
    “Masing-masing KK memperoleh Rp300 ribu per bulan,” katanya.
    Setelah pendataan ulang, kata dia, jumlah penerima naik menjadi 18.192 KK dengan masing-masing memperoleh uang Rp500 ribu per bulan.
    “Kami anggarkan Rp35 miliar untuk pemberian kompensasi sampai Desember 2016,” ujarnya.
    Asep mengatakan, kenaikan dana kompensasi itu karena mempertimbangkan beberapa aspek, salah satunya adalah kebutuhan masyarakat Bantargebang.
    “Selama ini warga banyak yang mengeluh kompensasi yang diterima hanya Rp300 ribu, makanya kita naikkan menjadi Rp500 ribu,” ujarnya.
    Mekanisme pemberian dana kompensasi akan melalui Pemkot Bekasi yang kemudian disalurkan ke masing-masing Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) tingkat kelurahan.
    Setelah itu, LPM akan membagikan dana tersebut ke masyarakat berdasarkan jumlah data yang telah disepakati antara DKI dan Kota Bekasi.
    “Kami akan mengirimkan langsung ke kas derah Kota Bekasi sebesar Rp35 miliar. Pembagiannya, kami serahkan ke Pemkot Bekasi,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com