• Dana Desa Biak Numfor Perkuat Kelembagaan Kampung

    0

         Biak, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua menetapkan sebanyak 30 persen alokasi dana desa tahun anggaran 2016 difokuskan untuk program penguatan kapasitas kelembagaan aparatur pemerintahan kampung.
    Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kampung Pemkab Biak Yermias Rumbiak, di Biak, Sabtu, membenarkan sesuai peraturan bupati Biak Numfor tahun 2016, sebanyak 70 persen alokasi dana desa untuk program pemberdayaan, pembinaan, dan pembangunan kemasyarakatan.
    “Pemanfaatan dana desa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat kampung, dan untuk penguataan kelembagaan kampung dialokasikan sebesar 30 persen untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan bagi aparatur pemerintahan kampung,” kata Yermias pula.
    Ia menyebutkan, untuk tahap pertama pencairan dana desa sebesar Rp60 miliar telah didistribusikan kepada pemerintahan kampung yang sudah menyerahkan laporan pertanggungjawaban dana desa tahun 2015.

         Disinggung besaran anggaran dana desa setiap kampung, menurut Yermias, sesuai data sangat bervariasi berdasarkan tingkat kepadatan penduduk setempat.
    “Secara rinci besaran untuk pagu alokasi dana desa setiap  kampung berkisar Rp500 juta hingga Rp600 juta, dan pencairannya dilakukan dua kali, yakni 60 persen tahap pertama dan 40 persen tahap kedua,” kata mantan Kepala Distrik Numfor Timur itu pula.
    Yermias berharap dengan pencairan dana desa tahap pertama diharapkan dapat digunakan oleh para kepala kampung sebagai penanggungjawab pengguna anggaran sesuai dengan program yang sudah termuat dalam rencana jangka menengah pembangunan kampung masing-masing.
    “Pengawasan dana desa tahun 2016 sangat ketat, karena melibatkan aparat penegak hukum, seperti kepolisian dan kejaksaan,” ujarnya lagi.
    Pada tahun 2016 Pemkab Biak Numfor mendapat kucuran dana desa sebesar Rp149 miliar untuk didistribusikan kepada 257 kampung.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com