• Bupati Sigi Minta Masyarakat Waspada Curah Hujan

    0

        Palu, jurnalsumatra.com – Bupati Sigi, Irwan Lapata minta masyarakat di daerah itu untuk tetap waspada karena curah hujan tinggi dan sangat memungkinkan terjanya banjir dan longsor.
    “Saya ingatkan warga untuk memperhatikan dan meningkatkan kesigaan di musim hujan seperti yang terjadi saat ini,” katanya, Jumat.
    Kabupaten Sigi termasuk salah satu daerah yang rawan bencana alam dan juga gempa bumi.
    Beberapa kali sejumlah wilayah di Sigi dilanda banjir,longsor dan juga gempa.
    Karena itu, masyarakat perlu waspasda mengantisipasi tingginya curah hujan hari-hari terakhir ini dan ke depan.
    Apalagi ada banyak permukiman penduduk yang berada di daerah aliran sungai dan juga perbukitan sehingga rawan banjir dan longsor.

        Selain tetap siaga, Bupati Irwan juga mengajak masyarakat untuk menjaga hutan dengan tidak melakukan penebangan hutan karena jika menjadi gundul,mudah terjadi banjir dan longsor saat curah hujan meningkat.
    Dalam beberapa hari ini, kata dia, hampir seluruh wilayah Kabupaten Sigi diguyur hujan sehingga perlu mendapatkan perhatian dan kewaspadaan dari masyarakat.
    Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sigi, Resmim Rasse mengatakan ada sejumlah wilayah di Sigi yang selama ini rawan bencana banjir dan tanah longsor.
    Seperti Kecamatan Nokilalaki, Palolo, Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro, Lindu, Dolo, Marawola Tengah,Gumbasa dan Tanambulava.
    Karena itu, warga di wilayah-wilayah tersebut hendaknya waspada dan siaga.
    Ia juga meminta warga yang berada di daerah aliran sungai untuk tidak sembarangan menebang pohon guna mengantisipasi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi disaat curah hujan tinggi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com