• Bupati Meminta Pabrikan Beli Semua Tembakau Petani

    0

         Temanggung, jurnalsumatra.com – Bupati Temanggung, Jawa Tengah, Bambang Sukarno meminta perwakilan pabrik rokok di Kabupaten Temanggung membeli semua hasil panen tembakau para petani.
    “Apa pun hasilnya, pabrikan harus membeli semua hasil panen tembakau petani tahun ini,” katanya di Temanggung, Selasa.
    Pada masa panen tahun ini, sebuah perwakilan pabrik rokok di Temanggung sempat menghentikan pembelian tembakau meskipun panen tembakau belum selesai.
    “Saya minta pabrikan tetap membeli, kasihan petani kalau tembakau mereka tidak dibeli,” katanya.
    Ia mengakui hasil panen tembakau tahun ini tidak maksimal bahkan gagal karena tanaman tembakau rusak akibat cuaca kurang mendukung.
    Ia menuturkan untuk membantu para petani yang gagal panen ini, pihaknya mengajukan bantuan ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar petani tetap bisa menanam tembakau pada tahun depan.

         Selain itu, katanya pihaknya juga meminta perbankan di Temanggung untuk sementara tidak menagih utang para petani tembakau yang sedang mengalami kesulitan.
    Seorang petani warga Kledung, Setyo mengatakan beberapa waktu lalu sebuah perwakilan pabrik rokok sempat menghentikan pembelian tembakau, namun sekarang melakukan pembelian lagi meskipun harga tembakau turun.
    Ia menyebutkan sebelumnya harga tembakau mencapai Rp75.000 per kilogram, namun setelah sempat tutup harganya merosot menjadi Rp35.000 per kilogram.
    Menurut dia panen tembakau kali ini gagal dan petani merugi, padahal modal untuk menanam tembakau adalah uang pinjaman.
    “Pada panen tahun ini, kalau bisa balik modal saja sudah untung,” katanya.
    Ia berharap pabrikan tetap membeli tembakau petani, kalau pabrikan tidak mau membeli petani harus menjual tembakau ke mana.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com