• Bulan Teknologi BPTBA LIPI 2016

    0

    lipi-gnGunungkidul, jurnalsumatra.com – Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan mengadakan Bulan Teknologi 2016 di Kantor BPTBA LIPI, Jl. Jogja-Wonosari km 31,5 Gading, Playen, Gunungkidul. Pembukaan pada 17 Oktober 2016 dan penutupan oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko, pada 27 Oktober 2016.

    Menurut Kepala BPTBA LIPI, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengenalan dan pemasyarakatan hasil iptek dan layanan teknologi BPTBA LIPI. “Juga untuk memberikan informasi agar masyarakat mengenal lebih dekat BPTBA LIPI,” tandas Hardi Julendra, Sabtu (15/10/2016).

    Kegiatan yang sudah dimulai sejak Juni 2016 lalu, dengan tema “Percepatan Hilirisasi Teknologi BPTBA LIPI untuk Mendukung Program Pemberdayaan Masyarakat di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”, menurut Muslih Anwar, ketua panitia Bulan Teknologi, merupakan agenda tahunan BPTBA LIPI dalam rangka diseminasi hasil penelitian.

    “Diseminasi ini dianggap penting karena pelaksanaan hilirisasi iptek membutuhkan ruang dan waktu,” kata Muslih Anwar, didampingi Ema Damayanti, Kasie Layanan Jasa dan Informasi.

    Agar efisien dan tepat sasaran, dikatakan Muslih Anwar, BPTBA membuat rangkaian acara diseminasi “Bulan Teknologi” yang sudah diawali dengan bakti sosial berupa pemberian paket sembako bagi masyarakat kurang mampu di Desa Gading, Playen, Gunungkidul.

    Juga khitanan massal kerjasama dengan Yayasan Nurul Hayat, workshop Centrifugal Partition Chromatography kerjasama dengan PT Berca Niaga Medika, orientasi dasar penelitian siswa KIR (Karya Ilmiah Remaja) tingkat SMA kerjasama dengan Persatuan Guru Pembimbing KIR Sagasitas Gunungkidul, workshop fotografi dan public relation serta lomba poster ilmiah untuk siswa SMA se-Jateng dan DIY, sepuluh poster terbaik penilaian dilakukan oleh peserta pada kunjungan Bulan Teknologi. Dan 3 poster terbaik akan diumumkan pada saat penutupan Bulan Teknologi pada 27 Oktober 2016 mendatang.

    Selain itu, ada seminar diseminasi hasil penelitian kerjasama antara BPTBA LIPI dengan Bappeda Kabupaten Gunungkidul dan Universitas Gunungkidul pada 17 Oktober 2016 yang mengundang UMKM binaan di Kecamatan IPTEK, SKPD se-Kabupaten Gunungkidul. Disusul pameran produk UMKM binaan LIPI, kunjungan dan open house pada 17-27 Oktober 2016 yang terbuka untuk umum.

    Tidak kalah menariknya, seperti disampaikan Muslih Anwar, ada pelatihan teknologi analisis kandungan aflatoksin pada bahan pangan dan pakan bekerjasama dengan PT Elo Karsa Utama, olahan pangan berbasis bubuk coklat bekerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Yogyakarta dan budidaya jamur pangan bekerjasama dengan CV Media Agro Merapi pada 19-21 Oktober 2016.

    Selain itu ada mini demo: bioaditif lemofit, sabun herbal dan minuman herbal pada tanggal 20-24 Oktober 2016. Lomba kreasi menu sayur khas lombok ijo – makanan tradisional Gunungkidul – diikuti perwakilan kelompok 10 dusun di Desa Gading, Playen, Gunungkidul pada 18 Oktober 2016.

    Ada juga pelatihan kegiatan UKM binaan IPTEKDA LIPI, workshop Scanning Electron Microscopy dengan narasumber dari Puslit Fisika LIPI dan Fakultas MIPA UGM, workshop Universal Testing Machine, Food Testing Kit dan Particle Size Analyser bekerjasama dengan PT Creative Science, forum pemerhati bioenergi Indonesia, lomba foto, forum UMKM binaan LIPI dan stakeholder BPTBA LIPI bertemakan kesiapan produk UMKM di era MEA. (affan)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com