• BPMPD: Kades Tersangkut Korupsi Karena Lemahnya SDM

    0

         Tolitoli, Sulteng, jurnalsumatra.com – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Adjimain Lateray menyatakan sejumlah kepala desa tersangkut kasus korupsi alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) karena kurangnya sumber daya manusia (SDM).
    “Di beberapa desa, banyak terjadi masalah dalam kegiatan yang sifatnya pembangunan fisik. Jika ditinjau dari segi teknis, pekerjaan itu sudah dilaksanakan, tetapi prosesnya yang kemungkinan salah,” katanya di Tolitoli, Senin.
    Sehingga, kata dia, proses yang salah dan keterbatasan pelaksanaan, tidak lepas dari lemahnya kualitas SDM dari desa yang bersangkutan.
    Terkait aturan dan kebijakan pengelolaan ADD dan DD, Adjimin mengatakan sudah ada saat ini, walaupun dalam kondisi terbatas.

         “Misalnya ada kepala desa yang bermasalah dengan hukum beberapa waktu lalu. Kesalahan mereka ada dalam proses. Ia mencontohkan ada proyek fisik yang dadakan diturunkan pemerintah tahun 2015, uangnya datang tiba-tiba, dokumennya harus dibuat saat itu juga dan pelaksanaanya juga demikian. Kita bisa bayangkan, kalau SDM nya tidak ada, apa yang terjadi dengan desa tersebut,” papar Adjimain.
    Sehingga, kata dia, dengan lemahnya SDM, sangat dibutuhkan orang-orang atau tenaga teknis untuk melakukan pendampingan kepada mereka.
    “Kami sangat membutuhkan pendamping teknis untuk setiap kegiatan di desa, yang saat ini untuk Tolitoli hanya memiliki satu orang, itu pun berada di kantor kabupaten,” tutur Adjimain.
    Adjimain berharap dengan adanya kasus-kasus yang menimpa sejumlah Kades di wilayahnya, dapat menjadi pelajaran berharga bagi kades lain, untuk mengelola dana desa dan alokasi dana desa, lebih baik lagi.
    “Kami ingin mendorong terbentuknya desa yang otonomi, partisipatif dan transparan,” tutup Adjimain.
    Sebelumnya dua kades di Tolitoli ditetapkan sebagai terdakwa dalam kasus penyalaggunaan keuangan dana desa dan alokasi dana desa, di Pengadilan Negeri Palu.
    Mereka adalah Kepala Desa Lantapan, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli yaitu Samsul Bahri. Kemudian Kades di Desa Galumpang, Kecamatan Dakopamean, Kabupaten Tolitoli.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com