• BPJS Bentuk Kader Sukarela JKN Di Kecamatan    

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kupang membentuk Kader Sukarela Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk mempermudah pelayanan informasi terhadap masyarakat yang sudah menjadi peserta JKN.
    “Kita sebar di sejumlah kecamatan di Kota Kupang selain mempermudah pelayanan informasi terhadap masyarakat, sukarelawan JKN juga dapat memberikan informasi bagi mereka yang ingin mendaftar sebagai peserta JKN,” kata Kepala Unit Manajemen Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Lalu Kahar Kusman, kepada wartawan di Kupang, Senin.
    Untuk wilayah NTT sendiri hingga kini masih banyak yang belum mendaftar sebagai anggota JKN padahal sudah kita sampaikan manfaatnya jika bergabung menjadi anggota JKN.
    Menurut Kahar, penunjukan kader JKN itu untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN melalui Kartu Indonesia Sehat segmen Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja dalam pendaftaran dan pembayaran iuran serta memperoleh informasi terkait pelayanan kesehatan.
    “Kalau sudah ada sukarelawan maka hal ini akan mempermudah para peserta JKN untuk tidak harus datang ke kantor BPJS kesehatan untuk melakukan pendaftaran atau urusan keperluan lainnya,” ujar Kahar.
    Hal ini dikarenakan BPJS kesehatan telah menempatkan konter-konter pendaftaran BPJS kesehatan di sejumlah kecamatan di Kota Kupang.
    Program ini juga lanjutnya untuk membantu para peserta JKN jika menemukan kendala dalam menggunakan kartu JKN tersebut. Dan jika ditemukan kendala maka langsung saja ke konter JKN di setiap kecamatan.
    “Kader JKN juga dapat menjadi pengingat bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah atau Bukan Pekerja dalam pembayaran iuran. Bahkan, kader JKN juga dapat difungsikan sebagai penerima pembayaran iuran JKN-KIS,” tuturnya.
    BPJS Kesehatan sendiri lanjutnya terus melakukan sejumlah perbaikan dalam hal pemberian pelayanan kesehatan bagi para peserta BPJS kesehatan.
    Ia pun berharap agar para peserta BPJS kesehatan memanfaatkan konter yang ada di setiap kecamatan agar tidak perlu jauh-jauh harus ke BPJS di kota Kupang dan harus lama mengantre.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com