• BNK Pariaman Utamakan Rehabilitasi Pecandu Narkoba

    0

     Pariaman, Sumbar, jurnalsumatra.com – Badan Narkotika Kota (BNK) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), akan mengutamakan proses rehabilitasi kepada pecandu narkoba untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di kota itu.
    Kepala BNK Pariaman, Genius Umar di Pariman, Selasa, mengatakan sesuai aturan baru bagi para pecandu akan direhabilitasi sesuai mekanisme yang ditetapkan.
    Kebijakan yang mengutamakan pada rehabilitasi tersebut, dikarenakan kekhawatiran BNK terhadap tingginya angka penghuni lapas dengan kasus narkoba.
    “Selain melihat narkoba saat ini menjadi isu nasional, Pariaman termasuk ke dalam peringkat tiga untuk wilayah Sumbar dalam pengguna narkoba,” ucap dia.
    Selain untuk mengantisipasi peningkatan peredaran narkoba, proses rehabilitasi kepada pecandu narkoba juga bertujuan agar penghuni lapas tidak terus bertambah.
    “Bagi para pecandu yang mau direhabilitasi dan melaporkanya pada Dinas Kesehatan akan kita obati,” katanya.
    Masyarakat yang datang untuk direhabilitasi tersebut nantinya akan diobati utuk penyembuhan, sehingga tidak perlu dilakukan penahanan.
    Sementara itu Kepala Lapas Pariaman, Yusran Saad mengatakan dari 353 penghuni lapas yang ada, di antaranya 156 terlibat kasus narkoba.
    Jumlah penghuni lapas tersebut sudah melebihi kapasitas, dimana seharusnya hanya bisa ditempati dengan 170 narapidana.
    Berdasarkan data yang ada, wilayah Kabupaten Padangpariaman paling dominan jika dibandingkan dengan Kota Pariaman.
    “Daerah Lubuk Alung, Batang Anai, dan Sungai Limau merupakan daerah yang paling dominan asal para warga binaan,” ucapnya.
    Dari 156 warga binaan yang teribat kasus narkoba, 68 di antaranya berasal dari Kabupaten Padangpariaman dan 34 berasal dari Kota Pariaman.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com