• Baru Dua Rumah Pekanbaru Gunakan Gas Kota

    0

        Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Perusahaan Daerah Pembangunan Kota Pekanbaru menyatakan sejauh ini baru dua rumah tangga yang ada di wilayah Kecamatan Limapuluh bisa menggunakan aliran gas kota sebagai bahan bakar pengganti elpiji.
    “Karena tadi itu cuma dua rumah yang diberi kompor khusus untuk aliran gas kota,” kata Dirut PD Pembangunan Heri Susanto saat di hubungi lewat telepon seluler di  Pekanbaru, Kamis.
    Menurut Heri untuk menggunakan gas kota rumah tangga harus memakai kompor khusus. Tidak bisa langsung dengan yang ada.
    “Makanya baru dua tadi yang dicoba karena kompornya disumbang oleh PT Pertagas Niaga,” ujarnya.
    Sebenarnya kompor gas yang saat ini dimiliki kebanyakan rumah tangga bisa digunakan tetapi harus terlebih dahulu dimodifikasi. Dengan pemasangan komporter.
    Untuk modifikasi itu sebut dia perlu biaya sekitar Rp30.000 per unit. Sementara sejauh ini PT Pertagas Niaga hanya selaku pemenang tender untuk pemasangan jaringan pipa dan meteran hingga ke rumah masyarakat.
    “Untuk kompor tidak ditanggung. Makanya hal inilah yang akan kami bicarakan apa solusinya,” tegas Heri.
    Diakuinya tadi itu adalah peluncuran dimulainya penggunaan gas kota. Selanjutnya akan ada proses pemasangan ke kompornya.

        Jadi sebut dia lagi ke depan masih perlu ada penambahan komporter bagi rumah tangga. Hanya pihaknya dan Pemko serta PT Pertagas Niaga masih belum tahu formula yang tepat.
    “Jadi kompor gas yang ada saat ini harus dimodifikasi ada penambahan alat, saya kurang jelas, pengadaannya belum tahu siapa dan dari mana biayanya,” ucapnya.
    Namun demikian Heri menambahkan pihaknya sudah menyiapkan tujuh karyawan sebagai lokal patner untuk mendampingi pihak PT Pertagas Niaga hingga masa pemeliharaan Maret 2017.
    “Empat karyawan sebagai teknis, satu pencatat meteran, satu administrasi, satu kasir dan satu koordinator,” katanya menambahkan.
    Selama masa pemeliharaan  pihak Pertamina akan memberikan pelatihan kepadakaryawan yang ditunjuk PD Pembangunan tentang memperbaiki kebocoran, memodifikasi kompor yang ada saat ini dan sebagainya.
    Di jumpai pada tempat berbeda Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Ingot Achmad Hutasuhut di Pekanbaru saat dikonfirmasi lewat telepon seluler membenarkan walikota sudah meluncurkan penggunaan gas kota.
    “Tadi uji coba penggunaan gas kota dilakukan walikota dengan memasak telur,” kata Ingot.
    Ingot sapaan akrab awak media menjelaskan tadi secara resmi sudah dilakukan peresmian pengaliran gas kota ke seluruh jaringan atau “gas in”.
    “Memang baru dua yang coba sebagai contoh,” tegasnya.
    Selanjutnya sebut Ingot secara bertahap PT Pertagas Niaga akan melakukan ke seluruh rumah yang sudah dipasangi jaringan.
    “Tahapan selanjutnya besok akan diikuti rumah tangga lainnya. Intinya ini pencanangan. Nanti akan diikuti 3.713 rumah,” terangnya lagi.
    Menurut dia sejauh ini proses tersebut berlangsung lancar. Setelah dipasang tahapan selanjutnya Pertagas Niaga dan mitra akan melakukan pemantauan.
    “Karena gas ini ada resiko walau secara teknis aman, demikian juga untuk sistem pembayaran perusahaan daerah sudah langsung menangani. Lurah dan camat diminta memonitor,” harapnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com