• Banjir Landa Kabupaten Aceh Barat

    0

         Meulaboh, Aceh, jurnalsumatra.com – Sejumlah pemukiman penduduk di Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat, dilanda banjir, akibat meluapnya Sungai Meurebo menyusul curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir.
    “Airnya pagi ini mulai naik, sehingga kendaraan kami terpaksa kami parkirkan di atas jembatan ini,” kata Adnan salah seorang warga Desa Pasie Masjid, Kecamatan Meurebo, di Meulaboh, Senin.
    Banjir setinggi 50 centimeter mengenangi jalan menuju kawasan perumahan mereka berjarak sekitar 200 meter dari jalan utama, akan tetapi untuk debit air belum begitu tinggi merendam rumah mereka sehingga masyarakat masih bertahan di rumah.
    Hal serupa juga melanda di pemukiman penduduk Desa Pasie Pinang, Kecamatan Mereubo, puluhan rumah di dekat jembatan besi (jembes) Meureubo telah digenangi air dengan ketinggian 30-50 centimeter.
    Sementara itu Mustafa, salah seorang warga Blang Luah, Kecamatan Woyla Barat juga melaporkan via telpon selular kepada wartawan, bahwa saat ini banjir telah merendam jalan lintas kecamatan dengan ketinggian sekitar 50 centimeter.

         “Air dari sungai Woyla terus naik dari pagi tadi, banyak juga bongkahan kayu-kayu besar tapi tidak dibawa ke pemukiman. Kalau rumah belum semua terendam, hanya di pemukiman dan jalan yang sudah kena air dari luapan sungai Woyla,” katanya.
    Mustafa yang juga anggota Komunitas Masyarakat Siaga Bencana ini menyampaikan, ada dua desa terdekat yang sebagian rumah penduduk digenangi air, seperti Desa Napai dan Desa Naled, namun belum membuat warga setempat mengungsi.
    Sementara itu Pemkab Aceh Barat di bawah kendali Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Senin (17/10) pagi tengah berupaya keras membelah Kuala Suak Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan untuk memperlancar debit air.
    “Kami sedang melakukan normalisasi dengan membelah suak (bibir muara) agar debit air lancar, untuk mencegah banjir karena intensitas hujan ini bisa membuat banjir dalam kota dan sekitarnya,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Barat Iraidi.
    Hingga Senin siang pukul 12.00 WIB curah hujan masih terus menguyur wilayah Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dengan begitu lebat sehingga membuat jalan seputar Kota Meulaboh tergenang air, terutama di jalan nasional.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com