• Balangan Percontohan Program RP2KPKP

    0

         Balangan, jurnalsumatra.com – Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menjadi salah satu lokasi proyek percontohan  program Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Pemukiman Kumuh Perkotaan (RP2KPKP) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
    Wakil Bupati Balangan H Syaifullah di Balangan, Senin mengatakan, melalui program tersebut, kawasan kumuh di Kabupaten Balangan akan tertangani dengan baik, seperti sampah, penyediaan air bersih, ruang terbuka hijau.
    “Intinya, program ini mengentaskan kawasan kumuh,” ujarnya seraya menyebutkan Pemkab Balangan melalui Bappeda setempat mengusulkan tiga kelurahan untuk masuk dalam program RP2KPKP tersebut.
    Ketiga wilayah yang dimasukkan dalam program ini sesuai dengan SK Bupati Balangan No.188.45/351/Kum Tahun 2016 adalah Kecamatan Paringin Selatan, di Kelurahan Batu Piring seluas 8.70 ha, Kecamatan Paringin di Kelurahan Paringin Kota seluas 14.33 ha, dan Kecamatan Paringin di Kelurahan Paringin Timur seluas 12.25 sehingga totalnya 35.28 ha.

         Menurutnya, perkembangan perumahan dan permukiman tersebut sangat dipengaruhi oleh pesatnya pertumbuhan penduduk perkotaan, baik karena faktor alamiah maupun urbanisasi.
    “Melalui program ini kita ingin kualitas dan kuantitas pemukiman perkotaan bisa terwujud,” jelasnya.
    Balangan akan mendapatkan program ini pada 2017 berupa bantuan fisik khusus dari pusat yakni melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
    “Ini akan dilakukan secara simultan, mulai perencanaan dulu sampai nanti pelaksanaan, semuanya dari pusat,” ungkapnya.
    Penataan sendiri dimulai dari sistem derainase, penataan jalan hingga memperindah kawasan pemukiman.
    “Dengan program ini kawasan kota yang dianggap kumuh akan ditata ulang secara menyeluruh, Kita berharap melalui program ini kawasan permukiman yang dianggap kumuh bisa menjadi permukiman ideal bagi masyarakat dan memberikan fungsinya sebagai kawasan perkotaan,” paparnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com