• Akses Jalan, Urat Nadi Perekonomian Masyarakat

    0
    unnamedKAYUAGUNG, SUMSEL. jurnalsumatra.com – Dalam dua tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), mengklaim telah mempercepat pembangunan jalan poros desa dan jalan penghubung antar desa. Pemkab OKI menilai, pentingnya pembangunan akses jalan merupakan urat nadi dari perekonomian masyarakat.
    “Pemkab OKI telah mempercepat pembangunan jalan poros desa dan jalan penghubung antar desa sepanjang 56.468 km, serta jalan lainnya yang berada di wilayah Kabupaten OKI sepanjang 196,43 km,” kata Bupati OKI, H Iskandar SE melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (PUBM), Ir Hafidz MM, Senin (17/10/2016) di Kayuagung.
    Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu fokus Pemkab OKI yakni ruas jalan Kayuagung – Sepucuk, yang merupakan akses jalan penghubung menuju lima kecamatan diwilayah Kabupaten OKI, seperti Kecamatan Pedamaran Timur, Sungai Menang, Cengal, Mesuji Raya dan sebagian Kecamatan Mesuji yang selama ini memutus aksesnya jika pada musim penghujan.
    “Tahun 2015 lalu Pemkab OKI sudah membangun jalan Sepucuk sepanjang 12 km, sedangkan ditahun 2016 dibangun sepanjang 14,38 km,” bebernya sambil menjelaskan Pemkab OKI optimis jalan tersebut tuntas di Tahun 2017.
    Ditambahkannya, untuk memperlancar akses jalan menuju Kota Palembang, Pemkab OKI telah membangun jalan alternatif Kayuagung – Jakabaring yang telah selesai dibangun pada tahun 2016 ini, dimulai dari Simpang Kijang hingga ke Desa Terusan Menang Kecamatan SP Padang, sepanjang 15 Km,” ujarnya.
    Ir Hafiz MM juga menjelaskan, perbaikan jalan di wilayah Kabupaten OKI masih terkendala cuaca ekstrim. Pasalnya, belakangan hari ini curah hujan cukup deras.
    “Kendalanya masih di cuaca ekstrim. Kami harus berlomba dengan cuaca untuk perbaikan. Artinya, bila cuaca cerah kami harus bergegas langsung perbaiki, tapi kalo cuaca tidak mendukung, terpaksa kami tunggu,” kata Hafiz.
    Masih katanya, beberapa akses jalan dalam masa perbaikan, diantaranya di empat desa menuju Kecamatan Cengal dan dua desa di Kecamatan Tulun Selapan. Seperti, Jalan Desa Sungai Jeruju, Desa Kebun Cabai, Desa Ulak Kedondong, dan Desa Balam Jeruju menuju Kecamatan Cengal. Sedangkan di Kecamatan Tulung Selapan yakni, jalan Lebung Hitam.
    Kondisi seperti ini menurut Hafiz membuat waktu perbaikan jalan menjadi molor. Selain harus berlomba dengan hujan.
    Meski demikian,  pihaknya akan segera meneyelesaikan perbaikan jalan tersebut, ungkap Hafiz.
    “Yah kalau cuaca mendukung perbaikan terus dilakukan. Yang penting penimbunan terlebih dahulu agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat,” tuturnya.
    Terpisah Anggota DPRD Kabupaten, H Subhan Ismail ketika diwawancara mengatakan, akses jalan merupakan faktor pendukung yang sangat penting bagi masyarakat, khususnya di beberapa kecamatan yang berada di Kabupaten OKI.
    “‎Jika kita berfikir secara logika, seandainya kecamatan ataupun desa yang akses jalan menuju ketempat tersebut terputus atau susah dijangkau, maka secara tidak langsung daerah tersebut bakal terisolir, dan dampaknya berpengaruh bagi perekonomian masyarakat yang tinggal di tempat tersebut. Maka dari itu akses jalan bagi masyarakat sangat penting, karena merupakan salah satu faktor pendukung bagi pertumbuhan perekonomian,” katanya.
    Disisi lain, salah satu masyarakat dari Desa Kijang Awal Terusan, Tobroni‎ ketika diwawancara terkait pembangunan infrastruktur jalan mengatakan, sebagai masyarakat Kabupaten OKI saya merasakan betul manfaat pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab OKI dengan program membangun OKI dari desa yang baru berjalan 2 tahun ini, salah satunya dengan dibangunnya infrastruktur jalan antar desa yang sangat bermanfaat, maka mobilitas angkutan sudah lebih gampang sehingga berdampak pada harga jual hasil panen kita jadi lebih tinggi dan stabil‎.
    ‎”Harapan kami pola pembangunan ini dapat diteruskan dan ditingkatkan lagi, karena manfaatnya benar-benar kami rasakan, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat meningkat tajam,” ujarnya. (RICO)
  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com