• 104 Desa Tabalong Sampaikan Pertanggungjawaban Dana Desa      

    0

    Tanjung, jurnalsumatra.com – Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Zahirsyah Manuar mengatakan, sebanyak 104 desa wilayahnya sudah menyampaikan pertanggungjawaban dana desa tahap pertama.
    “Desa yang sudah menyampaikan pertanggungjawaban dana desa tahap pertama selanjutnya mengajukan usulan dana tahap kedua,” jelas Zahirsyah di Tanjung, Senin.
    Namun hingga saat ini dana desa tahap kedua dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 juga belum masuk kas daerah.
    Sedangkan di kabupaten paling Utara Provinsi Kalsel ini terdapat 121 desa yang mendapatkan bantuan dana desa masing-masing Rp1 miliar lebih.
    Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan kekayaan Daerah (BPKKD) Kabupaten Tabalong Subqi mengatakan sisa dana desa tahap kedua dari APBN 2016 mencapai 40 persen dan yang sudah masuk kas daerah 60 persen.
    “Kita khawatir penyerapan dana desa tahap kedua akan lebih kecil karena waktunya yang mendekati akhir tahun,” jelas Subqi.
    Sebelumnya dana desa tahap pertama dari APBN yang sudah masuk kas daerah Rp45,2 miliar dari total Rp74,3 miliar.
    Subqi menambahkan keterlambatan pencairan dana desa pusat tahap kedua ini juga terkait revisi Peraturan Bupati Tabalong Nomor 51/2014 tentang pengelolaan keuangan desa.
    Revisi peraturan bupati tersebut menyesuaikan kebijakan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com