• Wapres Usulkan Indonesia Duta Kemitraan Pemerintah Kawasan    

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com -Wakil Presiden Jusuf Kalla mengusulkan Indonesia menjadi duta kemitraan pemerintah terbuka atau “Open Government Partnership” (OGP) di kawasan Asia Pasifik pada pertemuan tingkat tingi dalam rangka memperingati lima tahun OGP di New Yotk, AS pada 20 September 2016.
    Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, Indonesia juga mengusulkan untuk melakukan pengarusutamaan agenda 2030 mengenai kegiatan OGP di sama mendatang.
    Dalam sambutan di acara tersebut, Wakil Presiden menyampaikan berbagai pengalaman Indonesia tentang penerapan prinsip transparansi, keterbukaan, dan peningkatan partisipasi publik.
    “Pemerintah Indonesia saat ini juga secara aktif melibatkan masyarakat madani dalam perumusan dan implementasi kebijakan pemerintah” jelasnya.
    Indonesia menggarisbawahi pentingnya penguatan kerja sama
    antarkementerian dan masyarakat madani untuk peningkatan kesadaran mengenai keterbukaan dalam pelayanan public, kata Wapres Jusuf Kalla.
    Agenda utama dari peringatan lima tahun OGP adalah membahas capaian, komitmen, peluang dan tantangan OGP sejak didirikan lima tahun yang lalu.
    OGP merupakan gerakan internasional yang bertujuan memajukan prinsip-prinsip pemerintahan yang berlandaskan keterbukaan, pemberantasan korupsi, penguatan partisipasi publik, dan inovasi dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik.
    OGP diprakarsai pada tahun 2011 oleh delapan negara yaitu Afrika Selatan, Amerika Serikat, Brasil, Filipina, Indonesia, Inggris, Meksiko, dan Norwegia. Pada 2013 Indonesia menjadi Ketua OGP.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com