• Wapres: Penyelesaian Pengungsi Perlu Kerja Sama Internasional

    0

        New York, AS, jurnalsumatra.com – Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan penyelesaian masalah pengungsi memerlukan kerja sama internasional agar sekaligus dapat menyelesaikan masalah demografi.
    “Penyesaian pengungsi ini perlu kerja sama internasional, karena penyelesaian juga termasuk menyelesaikan masalah demografi,” kata Wapres M Jusuf Kalla di Markas Besar Perserikatan Bangsa-bangsa New York, Amerika Serikat, Selasa.
    Wapres mengatakan bahwa pada saat ini pengungsian di dunia bukan hanya disebabkan alasan ekonomi, tetapi juga persoalan politik dan keamanan.
    Wapres mengatakan ada beberapa negara yang kekurangan tenaga kerja. Untuk itu bisa mempekerjakan para pengungsi tetap dengan sarat dan standar-standar tertentu. Jika hal ini terjadi, penyelesaian masalah pengungsi harus melibatkan dan didukung oleh semua negara.

         Selama 20 tahun Indonesia menjadi tuan rumah pengungsi Vietnam. Karena itu meskipun Indonesia tidak menandatangani soal pengungsi, namun Indonesia tetap akan membantu.
    “Meski Indonesia bukan menjadi pihak yang ada dalam perjanjian internasional namun tetap akan membantu para pengungsi. Sekarang di Indonesia masih ada 14.000 pengungsi,” kata Wapres.
    Selain itu Wapres menjelaskan bahwa masalah pengungsi harus dibicarakan bersama-sama sehingga ada solusinya. Para pengungsi saat ini bukan karena ingin memperebutkan tanah.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com