• Unand-Dinkes Gelar Pengobatan Mata Gratis Sambut HUT

    0

         Padang,  jurnalsumatra.com – Universitas Andalas (Unand) Padang,  Sumatera Barat bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) kota setempat menggelar pengobatan mata gratis untuk masyarakat sebagai bagian pengabdian masyarakat dalam rangka Dies Natalis atau hari ulang tahun kampus ke 60 pada 17 dan 24 September 2016.
    “Kegiatan ini akan digelar di puskesmas se-Padang dan Rumah Sakit Pendidikan Unand,” kata Ketua Panitia Rizanda Machmud di Padang,  Jumat.
    Dia menyebutkan pemeriksaan dan pengobatan mata ini akan melalui beberapa tahap yaitu sebelum, saat dan setelah pemeriksaan dan operasi .
    Secara keseluruhan terdapat lima pengobatan yang akan dilakukan yakni operasi katarak, operasi pterigium, pengobatan tumor mata,  pemeriksaan refraksi dan pembagian kacamata.
    Ia memaparkan sebelum pemeriksaan panitia melakukan pendataan seluruh pasien yang mengalami gangguan mata diseluruh Kota Padang bekerja sama dengan seluruh Puskesmas yang ada di Kota Padang melalui Dinas Kesehatan Kota Padang.
    Pendataan dilaksanakan hingga hari ini, kemudian semua data pasien yang akan melakukan pemeriksaan dan pengobatan mata gratis sudah diterima di Poliklinik Unand pada 10 September 2016.
    Semua peserta yang telah mendaftar akan diberikan kartu registrasi untuk pendaftaran ulang, ujarnya.
    “Untuk pelaksanaan terdiri dari dua kegiatan yakni skrining (pemeriksaan) mata dan operasi,” tambahnya.
    Khusus skiring dilaksanakan pada Sabtu, 17 September 2016 yang terdiri atas pemeriksaan mata/skrining, pemeriksaan visus, pemeriksaan labor dan tonometer.

         Bagi pasien yang positif akan dioperasi pada 24 September 2016, sedangkan bagi pasien yang negatif melanjutkan pengobatannya selanjutnya yaitu pengobatan infeksi dan pemeriksaan visus.
    Kemudian melakukan pengambilan obat dan mendengarkan penyuluhan pemakaian obat, ujarnya.
    Dia menambahkan saat pelaksanaan skrining mata, sambil menunggu antrian juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan mata  dari petugas dari Fakultas Kedokteran Bagian Mata dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand.
    Untuk pelaksanaan operasi dilaksanakan pada 24 September 2016. Pasien yang akan operasi telah hadir di Rumah Sakit pukul 08.00 WIB dan berkumpul di Aula Rumah Sakit Lantai I serta mengikuti serangkaian proses yang telah ditetapkan panitia.
    Lebih lanjut ia menjelaskan setelah operasi pasien akan diinapkan satu malam di rumah sakit. Keesokan harinya, pada 25 September 2016 akan dilaksanakan control post operasi I yang dilaksanakan oleh dokter spesialis mata setelah pemeriksaan pasien diperbolehkan untuk pulang.
    Selain itu, juga akan dilaksanakan “home care visit” atau kunjungan bagi pasien dari 26 September hingga 1 Oktober 2016 oleh tim dari Fakultas keperawatan. Untuk kontrol operasi II/kontrol akhir seluruh pasien dapat mengunjungi Poliklinik Mata RS Dr M Djamil Padang tanpa melalui loket pendaftaran.
    “Kegiatan ini juga menjadi pembuka penggunaan RSP Unand yang menurut rencana diresmikan operasinya tahun ini,” ujarnya.
    Dalam hal dia memberikan apresiasi kepada ikatan alumni fakultas Ekonomi Unand yang telah membantu terwujudnya kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.
    Sementara itu salah satu warga yang telah membaca informasi tersebut Amin (60) mengapresiasi bila adanya pengobatan gratis tersebut.
    Kebetulan kata dia,  dirinya baru operasi katarak namun karena terbentur biaya tidak melakukan cek rutin kembali.
    Dia berharap pengobatan gratis ini dapat membantu memeriksakan matanya kembali.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com