• Tes Rambut Paslon Butuh Waktu Satu Minggu

    0

    medium_36BNNPalembang, Jurnalsumatra.com- Tes narkoba berupa pengambilan sample rambut yang diikuti oleh dua pasang calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) saat ini sedang diteliti di laboratorium BNN di Jakarta. Hasilnya, diperkirakan akan keluar satu minggu kedepan.

    “Selain pengambilan sample rambut, bakal kandidat kepala daerah juga dites urine dan darah. Namun, khusus rambut penggunaan narkoba bisa terdeteksi dalam beberapa bulan sebelumnya,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumsel, Brigjen Pol Iswandi Hari kepada wartawan, Senin (26/9).

    Dijelaskan jenderal bintang satu ini, untuk tes urine dan darah di teliti di Palembang, karena BNNP Sumsel sudah memiliki alatnya. Sementara, untuk rambut belum bisa karena alatnya hanya ada di Jakarta. “Sample rambut ini punya daya yang cukup lama, jadi kalau ada yang menggunakan (narkoba) dalam waktu yang cukup lama, mudah-mudahan masih bisa dideteksi,” ungkap Iswandi.

    Ia berharap, tes narkoba dengan pengambilan sample darah dan rambut terus diberlakukan pada Pilkada-pilkada selanjutnya, agar peristiwa tertangkapnya kepada daerah pengguna narkoba tidak terulang lagi. “Mudah-mudahan ini modelnya kedepan terus berlanjut. Ini juga menyikapi kejadian lalu,” pungkasnya.

    Sebelumnya, dua pasang kandidat calon bupati dan calon wakil bupati Muba, pasangan Dodi Reza Alex – Beni Hernedi dan pasangan Amiri Arifin – Ahmad Toha mengikuti tes kesehatan di RSMH Palembang, Sabtu (24/9). Pilkada Muba ini akan digelar hari pencoblosan pada tanggal 15 Februari 2017 serentak dengan daeralah lainnya di seluruh Indonesia. (Wira)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com