• Tes Narkoba Untuk Calon Wali Kota Kupang      

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – KPU Kota Kupang bekerja sama dengan Badan Narkotina Nasional Nusa Tenggara Timur akan melakukan tes narkoba kepada para calon wali kota dan wakil wali kota Kupang yang akan bertarung dalam ajang Pilkada 2017.
    “Setelah selesai mendaftar dari 21-23 September 2016 sebagai peserta Pilkada, para kandidat langsung dibawa ke Kantor BNN NTT pada 24 September untuk dites urinenya,” kata Komisioner KPU Kota Kupang Lodowyk Frederik kepada Antara di Kupang, Selasa.
    Dalam ajang pilkada yang akan berlangsung di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 15 Februari 2017, kemungkinan besar hanya dua paket calon yang akan bertarung, yakni pasangan Jonas Salean (incumbent)-Nicolaus Fransiskus dan pasangan Jefri Riwu Koreh-Hermanus Man (wakil wali kota incumbent).
    Frederik mengatakan pemeriksaan narkoba itu akan dilakukan secara terpisah dengan pemeriksaan kesehatan umum yang akan dilakukan tersendiri di RSU Prof Dr WZ Johannes Kupang oleh tim medis yang sudah ditentukan.
    Dia mengatakan, pelibatan BNN untuk memeriksa urine para paket calon ini penting untuk memastikan para calon pemimpin daerah benar-benar bebas dari bahaya narkoba.
    Menurut Frederik,pemeriksaan yang dilakukan oleh BNN NTT akan berlangsung selama sehari untuk satu pasangan calon.
    Dalam konteks ‘assessment’ itu, setiap calon secara personal akan diperiksa khusus oleh pakar atau asesor dari BNN untuk mengetahui lebih jauh dan lebih dalam kondisi terperiksa terhadap narkotika dan obat terlarang lainnya.
    Di tahapan inilah BNN membutuhkan waktu yang cukup banyak dalam menggali kondisi pribadi dan perilaku calon kepala daerah terkait narkoba.
    “Kalau pemeriksaan urine tidak lama. Tahapan ‘assessment’ itu yang butuh banyak waktu agar lebih mendalam,” katanya.
    Jika pasangan calon terindikasi sebagai pengguna sesuai dengan rekomendasi hasil pemeriksaan dari BNN, KPU akan melakukan pleno untuk mempertimbangkan apakah yang bersangkutan memenuhi syarat atau tidak untuk diikutsertakan dalam pesta demokrasi rakyat itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com