• Tangerang Terapkan Program “Gerbang Mapan” Kelola Pesisir        

    0

    Tangerang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten menerapkan program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai atau “Gerpang Mapan” dalam pengelolaan kawasan pesisir sepanjang 57 kilometer.
    “Saat ini kendala dihadapi adanya abrasi pantai, maka perlu dibenahi segera,” kata Sekretaris Daerah Pemkab Tangerang Iskandar Mirsyad di Tangerang, Selasa.
    Iskandar mengatakan pengelolaan kawasan pesisir juga melibatkan Pemprov Banten, pemerintah pusat maupun pihak yang berkepentingan lainnya seperti lembaga asing.
    Pernyataan tersebut terkait Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pemkab Tangerang, melakukan inventarisir terdapat seluas 579,12 hektare telah terjadi abrasi pantai.
    Sedangkan penangganan kawasan pesisir perlu sinergi dengan pihak lain karena abrasi bila dibiarkan akan terus bertambah luas.
    Kepala DPK Pemkab Tangerang, Herry Wibowo mengatakan untuk penangganan kawasan pesisir memang tidak mudah tapi perlu upaya terpadu.
    Hal tersebut bertujuan agar kehidupan penduduk setempat lebih baik terutama bagi nelayan maupun petani tambak.
    Sedangkan abrasi pantai membentang mulai dari Kecamatan Kosambi yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta hingga ke Kabupaten Serang.
    Meski begitu, abrasi pantai telah menghantam aneka tanaman, perumahan penduduk, tambak rakyat maupun sekolah.
    Bahkan sarana olahraga termasuk lapangan bola di Kecamatan Sukadiri dan Mauk yang semula berada di darat kemudian berubah telah di bibir pantai Laut Jawa.
    Iskandar menambahkan Gerbang Mapan itu bertujuan pemberdayaan masyarakat, pembangunan insfrastruktur dan peningkatan ekonommi penduduk setempat.
    Pihaknya juga melibatkan lembaga asing dalam penangganan kawasan pesisir, salah satunya telah menjadi anggota “Partnerhip Environment of Seas East Asia” (PEMSEA) yakni kemitraan pengelolaan lingkungan wilayah pesisir negara di Asia Timur.
    Dia mengatakan bila menjadi anggota PEMSEA maka mendapatkan keuntungan diantaranya ada pendampingan dari ahli lingkungan pesisir.  (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com