• Tanam Kedelai Di Tanah Laut 2.186 Hektare

    0

    Pelaihari, jurnalsumatra.com – Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan mencatat realisasi luas tanam kedelai di daerah setempat tahun ini mencapai  2.186 hektare.
    “Luas tanam kedelai tahun 2015 tersebut melebihi target yang dipatok pemerintah kabupaten yaitu 2.114 hektare,”  ujar Kasi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Tanah Laut Sailillah, di Pelaihari, Sabtu.
    Menurut dia, dari 2.186 hektare luas tanam kedelai tersebut, hingga Juli 2015 sudah panen seluas 629 hektare tersebar di sembilan kecamatan di daerah tersebut.
    Diutarakannya, dari sembilan kecamatan penghasil kedelai di Tanah Laut, Kecamatan Takisung merupakan kecamatan yang terluas membudidayakan kedelai.
    Sebenarnya, sebut dia, usaha budidaya kedelai sempat menurun, namun dengan adanya operasi khusus (Opsus) Pajale tahun 2013 lalu, usahatani kedelai di tingkat petani mulai meningkat.
    Lebih lanjut dia mengemukakan, dalam pengembangan usaha tani kedelai masih ada kendala dihadapi seperti harga berpluktuasi dipasaran, dan masih kurangnya sarana prasana pasca panen.
    Penanganan kedelai, sebut dia, beda dengan penanganan pasca panen padi dan jagung, apabila kedelai lambat dipanen hasilnya akan menurun dan beresiko busuk.
    Untuk penanganan pasca panen kedelai, jelas dia, pihaknya berupaya ada dukungan dari Pemkab Tanah Laut berupa bantuan gudang penampungan sementara, sehingga kualitasnya tetap terjaga.
    kemudian, terang dia, keunggulan kedelai tahan terhadap kekeringan dibanding jagung dan padi, bahkan kondisi lahan bekas tanaman kedelai semakin subur.
    “Keuntungan lainnya berusahatani kedelai dapat panen tiga kali setahun, dan daat kekeringan hasil produksinya tidak ada yang puso,” demikian tegasnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com