• SUMSEL tuan rumah pembahasan swasembada pangan

    0

    Palembang ,jurnalsuamtra.com – Sumatera Selatan menjadi tuan rumah pembahasan ketahanan pangan nasional melalui pertemuan regional tentang pemanfaatan sumber daya air di Palembang akhir September 2016.

    Kepala Dinas PU Pengairan Sumsel Rinhardi di Palembang, Senin, mengatakan dalam pertemuan itu akan dibahas tentang pemantaatan air untuk kelanjutan hidup masyarakat seperti ketahanan pangan

    Oleh karena itu pertemuan nanti akan membicarakan perkembangan irigasi terutama dalam pengaturan air untuk persawahan.

    “Dengan adanya pengaturan air melalui irigasi maka produksi pangan semakin meningkat, ujar dia.

    Bukan itu saja tetapi juga air dapat dimanfaatkan untuk ketahanan pangan lainnya sehingga pertemuan itu cukup penting, kata dia.

    Menurut dia, apalagi ketahanan pangan sudah menjadi program utama pemerintah pusat sehingga itu perlu dukungan bersama.

    Bahkan pemerintah menargetkan suplus beras mencapai 10 juta ton tiga tahun ke depan sehingga air merupakan faktor penting dalam swasembada pangan itu.

    Khusus untuk Sumsel sendiri, kata dia, dalam meningkatkan ketahanan pangan pihaknya rutin melakukan pemeliharaan irigasi yang ada di daerah ini.

    Pemeliharaan irigasi itu cukup penting mengingat persawahan di Sumsel hampir semuanya pengairannya melalui irigasi, kata dia.

    Sehubungan itu pertemuan pembahasan memaksimalkan sumber daya air mendatang cukup penting terutama untuk kesejahteraan masyarakat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com