• Siap Wujudkan Palembang Sebagai Venesia Dari Timur

    0
    sungai musi

    Siap Wujudkan Palembang Sebagai Venesia Dari Timur

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Kota Palembang memiliki berbagai keunikan yang kurang ter-ekspose dari berbagai sejarah, dan kurang menjadi wisata pilihan wisatawan baik lolak maupun mancanegara. Padahal, jika digali lebih dalam dan dikelola dengan baik, Palembang dapat menjadi Kota tujuan wisata di Indonesia, jika dikelola dengan baik.

    Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palembang, Isnaini Madani, yang melihat berbagai potensi wisata, dengan sloganVenice of the east atau Venesia dari Timur, memang pantas menjadi julukan Kota yang sudah berusia ke 1333 tahun ini. Julukan yang diberikan seorang Profesor dari Universitas Leiden, Belanda bernama Peter J.M. Nas, seharusnya bisa menjadi magnet wisata.

    “Julukan Kota Palembang sebagai Venice of the East yang artinya Venesia dari Timur, terkait keberadaan ratusan rumah rakit ini, artinya Palembang memiliki keunikan dari rumah rakit yang dimiliki. Kenapa hal ini tidak kita manfaatkan,”kata Isnaini, Kamis (22/9).

    Mengawali kerja sebagai Kepala Disbudpar Kota Palembang, Isniani mengungkapkan keingnan dirinya untuk mewujudkan slogan sebagai Kota Venesia dari Timur tersebut. Dimana, rumah rakit adalah salah satu ikon dari konsep water front city-nya Palembang, yang bertahan sejak ratusan tahun silam.

    “Keinginan Walikota melalui kegiatan gotong royong sungai, ingin kembali mengaktifkan dna menghubungkan ratusan anak sungai yang bermuara ke Sungai Musi. Dari kami sendiri, kami dari Disbdpar akan memanfaatkan hal ini sebagai kota wsiata air. Dimana, kita akan bekerjasama dengan beberapa pihak swasta untuk melakukan renovasi terhadap bangunan yang berada di pinggiran sungai,

    Lebih lanjut diterangkan Isnaini, pihaknya juga berencana akan menghidupkan kembali wisata kota tua yang dapat dinikmati wisatawan dari alur sungai, seperti di sekitar anak sungai sekanak.

    Kita akan mengembalikan kota tua Palembang. Salah satunya adalah kita akan menggandeng pihak Duluxe yang memiliki program Duluxe mengecat dunia. Dimana, kita akan melakukan renovasi dan mengecat pemukman dan renovasi rumah warga yang berada di pinggiran sungai.

    Isnaini mengungkapkan, program kerja yang dilakukannya, merupakan program yang selama ini dianggap mimpi bagi kalangan orang. Tapi disini, Disbudpar Kota Palembang yang dipimpinnya akan membuktikan hal tersebut dan mewujudkan Venesia dari Timur yang selama ini menjadi slogan Palembang, agar kedepan Kota dengan ratusan sungai ini dapat menjadi tujuan wisata.

    Saya sudah merencanakan beberapa program dengan menggandeng semua pihak yang saya sebut ABCGM (Akademik, Busines, Comunity, Government dan Media), karena kelima unsur ini adalah pendukung kemajuan wisata suatu kota,”tukasnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com